PSDKU Undip Batang Ajak Masyarakat dan UMKM Melek Pembukuan

PSDKU Undip Batang Ajak Masyarakat dan UMKM Melek Pembukuan

BATANG - PSDKU Undip Kampus Batang mengajak masyarakat dan UMKM sekitar untuk lebih melek pembukuan. Hal ini diwujudkan dalam pelatihan pembukuan yang diikuti oleh 19 UMKM di Kampus PSDKU Batang, Rabu (9/11/2022).

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Prodi D3 Administrasi Pajak Kampus Batang PSDKU Undip, Ika Pratiwi menyebut pelatihan ini menjadikan UMKM lebih terampil. Khususnya dalam pembukaan sederhana dan dapat mencatat transaksi keuangan.

"Sehingga harapannya mereka paham apakah usahanya itu menghasilkan laba atau rugi. Mereka pun dapat mengatur keuangannya dengan baik agar usahanya kedepannya bisa lebih berkembang," ujar Ika.

Ditambahkan, materi yang disampaikan terkait gambaran akuntansi untuk UMKM secara umum. Gambaran ini pun dibuat lebih sederhana sehingga lebih dipahami masyarakat.

Selain itu, mereka juga diberikan pelatihan bagaimana pencatatan transaksi, disesuaikan dengan jenis UMKM secara langsung. Seperti penerimaan kas, pengeluaran kas, piutang, hutang, dan catatan persediaan. Pelatihan ini juga dijelaskan bagaimana membuat laporan keuangan khususnya Laporan Laporan Laba Rugi dan Laporan Posisi Keuangan.

"Peserta kegiatan sangat antusias. Karena selama ini dari peserta kebanyakan belum melakukan pencatatan transaksi keuangannya. Kami yakin banyak UMKM di sekitar sini, tapi karena terkendala pengajuan izin usaha. Belum semua UMKM terdata. Dan sesuai data, baru bisa kami undang sekitar 21 UMKM, dan kali ini baru dihadiri 19 UMKM," pungkasnya.

Salah satu peserta pelatihan, Lulut Utami mengapresiasi kegiatan ini. Ia senang lantaran kegiatan ini bisa bermanfaat untuk usahanya.

Ia berharap kegiatan ini bisa kembali digelar. Karena masih banyak materi yang ia ingin pelajari. Selain itu ia juga berharap materi yang bermanfaat ini bisa turut dipelajari lebih banyak rekan UMKM di Batang.

"Awalnya soal NPWP saja saya tidak tahu. Dan jadi tahu ternyata sangat bermanfaat terutama untuk saya. Materi yang diberikan sangat mudah dipahami dan bisa membantu usaha saya agar berkembang dan lebih maju," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: