Pulang dari Taiwan, Para Pemuda Ini Pilih Bantu Tetangga

Pulang dari Taiwan, Para Pemuda Ini Pilih Bantu Tetangga

BERBAGI - Pemuda Kampung Pekerja Taiwan salurkan bantuan beras kepada warga Kelurahan Karangasem, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang.

BATANG - Pandemi Covid-19 memang menciptakan suasana keprihatinan bagi sebagian masyarakat. Namun bukan hanya cerita soal kesulitan ekonomi, sebagian masyarakat berlomba-lomba untuk menunjukkan kepedulian dengan membantu yang sama. Salah satunya aksi simpatik para pemuda Karangasem Utara, Kecamatan Batang yang baru pulang kerja dari Taiwan, mereka berinisiatif menghimpun donasi untuk disalurkan ke warga tak mampu di RT 4 RW 5 kelurahan setempat.

Selaku Ketua RT setempat, Andi, mengatakan, kegiatan ini merupakan kepedulian pemuda kampung kepada warga yang terdampak Covid-19. Bentuk bantuan sendiri berupa bahan sembako untuk 127 warga di Kelurahan Karangasem.

"Hari ini kami para pemuda laksanakan kegiatan yang kami namai PSBB (pemberian sodaqoh bulan berkah)," ungkapnya.

Pemuda yang menyalurkan bantuan ini bukan pemuda biasa, melainkan para TKI yang bekerja di Taiwan yang sekarang sedang pulang kampung.

"Sodaqoh sendiri diberikan oleh pemuda kampung yang bekerja di Taiwan menggalang dana untuk dibagikan kepada 127 warga/rumah dalam 1 RT 4 RW 5 dukuh sulur Karangasem Utara Batang," jelasnya.

Para pemuda ini berinisiatif menggalang dana bersama karena ingin melakukan hal positif yang bermanfaat bagi warga sekitar.

"Bantuan sendiri berupa beras, kegiatan ini di lakukan oleh para pemuda yang bekerja di Taiwan, namun sudah pulang kampung. Kegiatan ini dilakukan sambil mengisi kegiatan bulan ramadan dan menunggu waktu buka puasa," paparnya.

Selain membagikan sembako, para pemuda beserta warga juga lakukan doa bersama. "Acara dimulai jam 15.30 WIB, diisi pula dengan doa bersama untuk keselamatan warga kampung dan negara Indonesia dilanjutkan pembagian beras ke setiap rumah warga," urai Andi.

Untuk menghindari kerumunan dan keramaian sebagaimana ketentuan protokol pencegahan Covid-19, maka para pemuda dan ketua RT membagikan paket sembako tersebut dengan cara mendatangi rumah warga secara langsung. "diantar ke depan rumah warga masing-masing," imbuhnya.

Para pemuda ini berharap pembagikan sembako tersebut bisa menginspirasi para yang lain untuk melakukan hal yang sama dalam rangka membantu sesama di masa pandemi ini.

"Harapannya, semoga dengan pembagian bantuan beras ini bisa meringankan beban warga yang kehilangan pekerjaannya karena dampak covid-19 serta mengubah pandangan orang yang biasanya bulan puasa pemuda pada main petasan dan balapan motor menjelang buka puasa kami isi dengan berbagi pada sesama. Dan Semoga bisa diikuti pemuda lain warga sekitarnya," tutupnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: