Puluhan Wanita Kreasikan Sampah jadi Barang Berguna

Puluhan Wanita Kreasikan Sampah jadi Barang Berguna

KREATIVITAS - Puluhan ibu-ibu dari organisasi wanita di Kota Pekalongan membuat kreasi barang dari bahan sampah dan limbah plastik.

KOTA - Puluhan wanita dari berbagai organisasi wanita di Kota Pekalongan, mengkreasikan berbagai sampah menjadi badang yang berguna dalam kegiatan lomba daur ulang sampah yang digelar oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Selasa (5/11) di Gedung PKK Kota Pekalongan. Terdapat 28 peserta yang merupakan perwakilan dari organisasi wanta yang ada di Kota Pekalongan.

Ketua GOW Kota Pekalongan, Yantie Hermawan menambahkan, kegiatan lomba kali ini merupakan kegiatan awal dari rangkaian peringatan HUT GOW ke 53. Setelah kegiatan ini ada beberapa kegiatan lain yang akan digelar mulai dari pengobatan gratis, bakti sosial hingga senam bersama dan resepsi sebagai puncak acara.

"Khusus untuk kegiatan kali ini tujuan kami selain untuk hiburan ibu-ibu anggota organisasi juga sekaligus untuk mensosialisasikan agar ibu-ibu juga dapat membantu mengurangi sampah dengan melakukan daur ulang sehingga menjadi barang yang lebih berguna. Ini sebenarnya juga tidak ada pelatihan sebelumnya, jadi murni lomba ini menjadi ajang kreativitas ibu-ibu," jelasnya.

Ketua Panitia Kegiatan, Retno Urip Sunaryo mengatakan, lomba kali merupakan salah satu upaya GOW untuk turut menekan jumlah sampah plastik di lingkungan. "Karena ini juga menjadi program pemerintah bahwa sampah plastik tidak bisa hancur sehingga kami gelar lomba ini untuk memancing organisasi wanita bisa mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang berguna," tuturnya.

Dalam lomba tersebut, tidak hanya plastik yang menjadi bahan daur ulang melainkan juga kain perca batik. Dikatakan Retno, pihaknya memberikan syarat tertentu yakni kain perca yang digunakan adalah kain batik asli bukan kain printing. "Itu menjadi salah satu syarat dalam lomba kali ini," tambahnya.

Dia berharap, peserta yang mewakili organisasinya dalam lomba kali ini bisa turut mensosialisasikan program daur ulang sampah tersebut kepada anggota organisasinya. "Karena ibu-ibu ini anggotanya cukup banyak. Sehingga setelah ini kami harapkan mereka juga mensosialisasikan ke organisasi masing-masing." harapnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: