Rawan Kecelakaan, Bupati Ajukan Pembangunan Fly Over di Perlintasan KA Waru Lor

Rawan Kecelakaan, Bupati Ajukan Pembangunan Fly Over di Perlintasan KA Waru Lor

KAJEN - Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta api, Pemkab Pekalongan memgusulkan pembangunan fly over di perlintasan yang berada di Jalan Raya Waru Lor, Desa Waru Lor, Kecamatan Wiradesa ke Pemprov Jateng. Usulan pembangunan tersebut didasari karena tingginya angka kecelakaan di perlintasan tersebut.

Bupati Asip saat mendampingi Gubernur Ganjar meninjau stand Kabupaten Pekalongan pada acara Musrenbang Wilayah di Batang, kemarin.

"Di perlintasan kereta api Waru Lor, sering terjadi kecelakaan. Karena itulah, kita mengusulkan ke Pemprov Jateng agar di perlintasan tersebut dibangun fly over, " kata Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi usai menghadiri Musrenbangwil se-eks Karesidenan Pekalongan di Pendopo Kabupaten Batang, Rabu (13/3/2019).

Bupati Asip menjelaskan, salah satu penyebab perlintasan kereta Waru Lor rawan kecelakaan, karena posisi perlintasan yang melintang. Bahkan jalur rel kereta apinya hampir sejajar dengan jalan raya, sehingga banyak pengguna jalan terpeleset saat melintas di atas rel kereta.

"Padatnya mobilitas masyarakat ke Kabupaten Pekalongan, termasuk mahasiswa yang menuntut ilmu di IAIN Pekalongan yang ada di Kecamatan Kajen, membuat angka kecelakaan semakin tinggi. Karena itulah, pembuatan fly over kami anggap sudah sangat mendesak," jelas Bupati Asip.

Dituturkan Bupati Asip terdapat 10 ribu mahasiswa yang kini menuntut ilmu di Kabupaten Pekalongan. "Usulan yang kami ajukan merupakan tindak lanjut atas keluhan para pelajar dan penggunaan jalan yang setiap hari melintas di Jalan Raya Waru Lor," imbuhnya.

Dia menambahkan sempitnya badan jalan dan kemacetan yang terjadi saat kereta melintas menjadi hambatan para pengguna jalan. "Usulan sudah kami sampaikan dan direspon langsung oleh Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, semoga saja segera dilakukan koordinasi," tandas Bupati Asip. (dkp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: