Reses Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun: Banyak Usulan Aspirasi Pelatihan Pemberdayaan Perempuan

Reses Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Hj Hindun: Banyak Usulan Aspirasi Pelatihan Pemberdayaan Perempuan

WIRADESA - Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun MH melakukan Reses bersama ibu-ibu di Desa Kemplong Kecamatan Wiradesa dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat, Kamis (29/9/2022).

Dalam kesempatan reses tersebut, Hj Hindun banyak mendapatkan usulan aspirasi masyarakat khususnya ibu-ibu tentang pemberdayaan perempuan.

Pemberdayaan perempuan sendiri dinilai sangat penting dilakukan untuk terus meningkatkan kapasitas diri kaum perempuan agar dapat memiliki kepercayaan diri sehingga kaum perempuan dapat ikut berpartisipasi serta berkiprah dalam semua lini pembangunan di Indonesia termasuk dalam pembangunan lingkungan hidup.

"Banyak yang meminta terkait pemberdayaan perempuan untuk diadakan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kapasitas diri kaum perempuan, itu dimaksudkan agar perempuan bisa membantu daerah sekitar dan keluarganya," ujarnya.

Hj Hindun tentunya akan mendorong dan mewujudkan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat. "Saya akan dorong agar nantinya bisa diadakan pelatihan seperti marketing online, kewirausahaan, pengolahan bahan pangan pokok, merangkai parcel hantaran, dsb. Dengan tujuan untuk perempuan tersebut memiliki penghasilan sehingga bisa membantu perekonomian keluarga," jelasnya.

Kemudian banyak yang menanyakan tumbuh kembang anaknya baik dari segi kesehatan dan pendidikan. Hj Hindun menjelaskan bahwa Pemerintah sekarang sedang melakukan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) dan Bapak Asuh Anak Stunting.

"Kedua program tersebut dimaksudkan agar tumbuh kembang anak bisa sehat dan baik, imunisasi yang menjaga anak dari berbagai virus serta mengurangi angka stunting dan memberikan bantuan melalui asupan gizi yang baik," terangnya.

Terkait program kesehatan lainnya yakni mendorong masyarakat untuk mempunyai jaminan kesehatan. "Pemkab Pekalongan sendiri juga sudah ada program BPJS PBI untuk orang tidak mampu serta pengobatan gratis hanya dengan KTP saja. Itu semua dimaksudkan untuk menjamin kesehatan masyarakat Kabupaten Pekalongan," tuturnya.

Kemudian terkait pendidikan, saat ini program pendidikan gratis sudah dilaksanakan mulai dari SD sampai SMA. "Saat ini sekolah di Sekolah Negeri Gratis dari tingkat SD sampai SMP, bahkan juga mendapatkan Seragam Gratis untuk anak yang tidak mampu. Untuk yang SMA juga gratis didanai oleh Pemerintah Provinsi Jateng," tukasnya.

Hj Hindun berharap dalam pertemuan reses ini bisa terus saling menjaga silaturahmi dan wakil rakyat yang mewakili masyarakat bisa terus memperjuangkan aspirasi rakyat serta memberikan manfaat kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: