Ribuan Kotak Suara untuk Pemilu Sudah Selesai Dirakit

Ribuan Kotak Suara untuk Pemilu Sudah Selesai Dirakit

KOTA PEKALONGAN - KPU Kota Pekalongan mulai melakukan perakitan kotak suara untuk Pemilu 2019. Kotak yang terbuat dari karton duplex dan diterima KPU dalam bentuk lipatan tersebut, mulai dirakit Sabtu (2/2) dengan memanfaatkan tenaga dari internal dan staf KPU.

MULAI DIRAKIT - KPU Kota Pekalongan mulai melakukan perakitan kotak suara dari bahan karton duplex. Perakitan dilakukan dengan memanfaatkan tenaga internal dari KPU dan dikerjakan mulai Sabtu (2/2).

Dari total 4.309 kotak suara diterima, hingga Selasa (5/2), sudah sekitar 3.000an kotak suara yang dirakit.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Toha, menjelaskan jadwal perakitan kotak suara memang mulai dimulai sejak awal Februari. Sehingga targetnya, perakitan sudah selesai jauh-jauh hari.

"Kotak suara sudah dirakit sejak Sabtu (2/2). Untuk perakitan sementara menggunakan tenaga di internal KPU sendiri, karena waktunya memang masih panjang," jelasnya.

Setelah dirakit, nantinya kotak suara akan disatukan dengan logistik lainnya dan disimpan di gudang. Hingga saat ini, logistik yang belum diterima yakni beberapa jenis formulir yang diadakan oleh KPU Provinsi. Kemudian setelah dirakit, rencananya KPU akan menggunakan Kantor MUI lantai II sebagai gudang penyimpanan karena gudang milik KPU di Jalan Rinjani rawan terendam banjir.

Terkait kondisi kotak suara, Rahmi mengatakan sejauh ini seluruh kotak suara yang diterima dalam kondisi baik. KPU dikatakannya juga telah melakukan tes kekuatan kotak suara sejak awal diterima. Hasilnya, kekuatan kotak suara sudah sesuai standa. "Tes sudah dilakukan sejak awal diterima dan semuanya dalam kondisi baik," tambah Rahmi.

Terkait jumlah kotak suara yang dibutuhkan KPU, Rahmi mengatakan kebutuhan jumlah kotak suara yakni 5 kotak per TPS ditambah 4 kotak suara per PPK. Sehingga total jumlah yang dibutuhkan yakni 4.314 kotak suara. Namun karena ada penambahan jumlah TPS yakni dari 853 menjadi 854 untuk sementara kotak suara yang diterima masih kurang 5 buah. "Untuk kekurangan akan segera diberikan dalam waktu dekat," katanya.

Sedangkan untuk bilik suara, dikatakan Rahmi sebagian besar bilik suara yang akan digunakan KPU Kota Pekalongan yakni dari bahan alumunium yang sebelumnya sudah tersedia. Tapi karena kebutuhan yang bertambah, KPU Kota Pekalongan juga mendapatkan tambahan bilik suara dari bahan karton duplex sebanyak 104 bilik suara. "Sama dengan kotak suara, jumlah kebutuhan bilik suara masih kurang untuk 1 TPS yakni sebanyak 4 bilik suara dan akan dipenuhi segera," tandasnya. (nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: