Saatnya Menurunkan Tensi Politik

Saatnya Menurunkan Tensi Politik

*Bupati Serukan Pesan Persatuan

BATANG - Kontestasi Pileg dan Pilpres 2019 memang cukup menguras energi. Namun, karena proses pemilihan sudah dilalui, saatnya seluruh elemen masyarakat menurunkan tensi politik demi kondusivitas wilayah.

PESAN DAMAI - Bupati Wihaji bersama Forkompinda dan perwakilan parpol usai menyematkan selendang perdamaian. Dok Istimewa

Pesan itu menggema saat gelaran Silaturahim Kamtibmas bersama Forkopimda, Parpol, Tokoh agama dan tokoh masyarakat yang dibidani Polres Batang, Kamis sore (09/05), di Pendopo Kabupaten Batang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Wihaji, Kapolres AKBP Edi Suranta Sinulingga SIK, Dandim 0736 Letkol Kav Henry Napitupulu, Kajari Nova Elida Saragih, Ketua Bawaslu Soeharto, Ketua KPU Nur Tofan, Muspika, perwakilan parpol, toga dan tomas.

Bupati Batang, Wihaji mengatakan, silaturahmi Kamtibmas bertujuan agar tercipta guyub rukun di Kabupaten Batang. Dia
mengajak semua pihak untuk merekatkan kembali barisan, merajut kebersamaan.

"Apapun hasil yg dicapai, pasrahkan saja ke KPU. Saya selaku kepala daerah mohon maaf jika kurang maksimal dalam mengawal pesta demokrasi ini," katanya.

Usai sambutan, Wihaji pun secara simbolik menyematkan selendang bertuliskan "1 + 2 = 3 Persatuan Indonesia" kepada perwakilan partai pendukung Capres dan cawapres nomor urut 01 dan 02.

"Selendang ini memberi pesan, bahwa tidak ada lagi permusuhan antara 01 dan 02, kedua angka itu digabung menjadi Persatuan Indonesia, " tandas Bupati.

Sementara Ketua KPU Batang, Nur Tofan menjelaskan, Kabupaten Batang termasuk salah satu daerah yang tidak ada pemungutan suara ulang (PSU) dan hasilnya bisa diterima oleh seluruh masyarakat. "Partisipasi masyarakat Kabupaten Batang juga alhamdulillah meningkat. Kalau tahun 2014 hanya 73 persen, pemilu kali ini mencapai 88 persen," terangnya.

Senada, Ketua Bawaslu, Soeharto juga bersyukur pemilu 2019 di Batang sudah berlangsung aman dan lancar. "Alhamdulillah, di Batang adem ayem dan kami berterimakasih pada Polri karena 24 jam sudah melaksanakan pengamanan yg sangat maksimal," ujarnya.

Perwakilan PKB, H Fallas menegaskan, pesta demokrasi tahun ini memang cukup menguras energi, namun akhirnya semua berjalan lancar. "Kami mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu yang sudah mengawal proses pemilu dj Kabupaten Batang dari awal sampai akhir, sehingga bisa berjalan lancar," ucapnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: