Sampah Plastik Banjiri Aliran Sungai Kali karang

Sampah Plastik Banjiri Aliran Sungai Kali karang

*) Tanah Warga Terdampak Resah

SAMPAH - Samplah plastik dari longsoran TPA Bojong Larang membanjiri Sungai Kali Karang Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.

KAJEN - Sungai Kali Karang Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dibanjiri sampah plastik. Hal itu diakibatkan karena tumpukan sampah yang menggunung di TPA Bojong larang longsor.

Sampah plastik membanjiri sepanjang sungai Kali Karang terjadi akibat terjadinya banjir yang melanda wilayah sekitar. Kemudian sampah plastik yang berada di bibir sungai TPA Bojong larang longsor dan terbawa banjir. Sehingga sampah plastik ikut berserakan di sepanjang sungai setempat yang mengalir ke Desa Kalijoyo dan Desa Sabarwangi.

Kepala Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Nurmito ketika dihubungi Selasa (3/3/2020) membenarkan. Menurutnya, sampah mulai terbawa banjir hingga ke sepanjang sungai terjadi sudah lama. Namun sampah tersebut belum terlalu kelihatan banyak.

"Semenjak sungai belum dialihkan ke sebelah baratpun sampah sudah ada, namun yang paling banyak sekali akhir akhir ini. Setelah saya cek ternyata sampah plastik dari TPA Bojong Larang, karena sampah sudah longsor ke sungai dan terbawa banjir, " katanya.

Diakui dengan kejadian itu disepanjang sungai Kali karang, tanah warga ikut terdampak dan dipenuhi sampah plastik. Namun dengan peristiwa itu, dari dinas terkait sudah melakukan tindakan dengan memungut kembali sampah plastik yang terbawa banjir tersebut dan di sawah atau pekarangan milik warga.

"Bahkan berjanji akan membuat bronjong sehingga sampah tidak longsor lagi, " lanjutnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: