Mobil Terbakar di Alun-alun, Petugas Damkar Gerak Cepat Lakukan Pemadaman

Mobil Terbakar di Alun-alun, Petugas Damkar Gerak Cepat Lakukan Pemadaman

SIMULASI - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpolkar) Kendal saat memadamkan mobil yang terbakar di alun-alun. AKHMAD TAUFIK

KENDAL - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpolkar) Kendal mengadakan simulasi pemadaman kebakaran pada kasus kecelakaan mobil yang mengakibatkan mobil terbakar di Alun-alun Kendal, Kamis (7/3).

Simulasi pemadaman kebakaran itu dilakukan dalam rangka merespon cepat kejadian kebakaran rumah maupun kebakaran yang disebabkan oleh kecelakaan. Termasuk, lokasinya yang berada di ruang publik.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpolkar) Kendal, Toni Ari Wibowo mengatakan, simulasi tersebut bisa melatih kecepatan dan respon dari anggota pemadam kebakaran dalam menghadapi situasi kebakaran riil nantinya. Terlebih, saat ini kerap terjadi kebakaran di Kabupaten Kendal.

"Hal ini untuk meningkatkan kecepatan respon dan ketanggapan dari anggota pemadam kami, sehingga kejadian kebakaran dapat segera ditangani,"katanya.

Toni menambahkan, dalam simulasi tersebut dirinya mengerahkan 14 personil pemadam kebakaran dan dua unit mobil pemadam. Sedangkan mobil pemadam lainnya berjaga-jaga di pos masing-masing agar siap siaga apabila terjadi kebakaran.

"Di sini kami melatih kecepatan dan ketanggapan dari petugas pemadam. Selanjutnya melihat apakah petugas sudah melaksanakan sesuai SOP (Standar Operasi Prosedur) dalam memadamkan api, setiap selesai simulasi kami evaluasi," pungkasnya. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: