Serangan Babi Hutan Resahkan Petani, Hasil Perkebunan Ludes

Serangan Babi Hutan Resahkan Petani, Hasil Perkebunan Ludes

BERBURU - Sejumlah warga Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan melakukan perburuan babi hutan dengan menggunakan alat seadanya. TRIYONO

PANINGGARAN - Serangan sekelompok babi hutan atau dikenal Celeng kian meresahkan warga Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Sebab semua tanaman diarea pertanian dan perkebunan dirusak hingga tak bersisa.

Sekelompok babi hutan menyerang dan merusak sawah dan perkebunan warga yang ditanami padi, jagung, singkong bahkan akhir akhir ini pohon pisang juga ikut menjadi sasaran babi hutan. Untuk menanggulangi serangan kawanan babi hutan, petani kerap melakukan perburuan dengan menggunakan alat seadanya dan anjing pelacak.

Warga Dukuh Kali Wisnu Desa Lumeneng Kecamatan Paninggaran, Hasan menyampaikan adanya serangan hama babi hutan akhir akhir ini benar benar membuat warga resah. Sebab babi hutan tidak hanya memakan tanaman yang ada di sawah dan perkebunan, namun hewan tersebut juga merusak.

"Warga sudah berulang kali melakukan perburuan babi hutan namun selama ini hasilnya kurang maksimal, sebab sekali beranak lebih dari 10 ekor. Kemudian saat di area pertanian atau perkebunan kawanan babi hutan selalu berkelompok,"katanya.

Tak hanya berburu babi hutan, warga juga sudah berusaha menanggulangi serang babi dengan cara memasang pagar. Melakukan pengobatan dan jebakan, namun hasilnya kurang maksimal.

"Petani sudah memasang jebakan, akantetapi untuk jalur yang dilalui selalu berubah ubah, " imbuhnya. (Yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: