Seratus Lebih Personel Polres Jalani Tes Swab

Seratus Lebih Personel Polres Jalani Tes Swab

KOTA - Sebanyak seratus orang lebih personel Polres Pekalongan Kota menjalani tes swab yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pekalongan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di halaman mapolres setempat, Kamis (3/9/2020).

Tes swab secara massal ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Pekalongan. Dalam hal ini, khususnya, untuk memastikan agar anggota Polres Pekalongan yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, baik itu seluruh anggota Bhabinkamtibmas, petugas pelayanan SIM, STNK, SPKT, BPKB, maupun SKCK negatif Covid-19.

Dalam tes swab ini, turut dikerahkan pula satu unit mobil PCR laboratorium cepat bernama "Fast Lab-Mobile Combat PCR Covid-19" dari BPBD Provinsi Jawa Tengah. Melalui fasilitas ini, diharapkan hasil tes Covid-19 ini bisa diketahui dengan lebih cepat.

Kepala Dinkes Kota Pekalongan Slamet Budiyanto MKes menjelaskan bahwa pemeriksaan swab ini merupakan salah satu upaya Pemkot Pekalongan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Disampaikan bahwa Pemkot Pekalongan melalui Dinkes mengajukan permohonan pemeriksaan swab melalui Mobil PCR ke Dinkes Provinsi Jawa Tengah. Sebagai tindak lanjut, pemeriksaan swab direalisasikan kepada 117 anggota Polres Pekalongan Kota sebagai skrining awal.

"Jumlah personel Polres Pekalongan Kota ada 600-an dan mobil PCR ini hanya dapat menjangkau 100-an orang untuk tes swab. Hasil pemeriksaan ini sudah dapat dilihat hari ini. Pemeriksaan akan dilakukan sampai jam delapan malam," terang Budi.

Disampaikan Budi bahwa agenda selanjutnya akan diadakan pemeriksaan serupa untuk personel TNI di Kodim 0710/Pekalongan pekan depan. "Kegiatan ini dalam rangka pengendalian pencegahan Covid-19 di Kota Pekalongan. Melalui mobil PCR ini dapat diketahui atau didiagnosa positif atau tidaknya," kata Budi.

Sementara itu usai tes swab, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Andrian Suez mengungkapkan bahwa pihaknya bekerja sama dengan Dinkes melaksanakan swab 100-an personel Polres Pekalongan Kota. "Dari 100-an personel ini kami utamakan yang melaksanakan pelayanan langsung ke masyarakat seperti pelayanan SIM, STNK, BPKB, SKCK, dan SPK," terang AKBP Egy.

Menurut AKBP Egy prioritas ke personel yang melaksanakan pelayanan langsung ke masyarakat karena merekalah yang melakukan kontak langsung. "Saya berharap dari hasil swab ini tidak ada yang positif Covid-19. Ini sebagai pencegahan dan deteksi dini di kantor kami. Kami pastikan semua personel sehat agar maksimal melayani masyarakat," pungkas Kapolres. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: