Motor Susah Hidup ? Ini 10 Penyebab + Cara Ampuh Mengatasinya

Motor Susah Hidup ? Ini 10 Penyebab + Cara Ampuh Mengatasinya

Jika hal ini terjadi, gunakan kick starter dan biarkan mesin menyala hingga beberapa menit agar terjadi proses pengisian. Hal lain yang perlu diperhatikan yakni kiprok. Kiprok yang berfungsi sebagai regulator altenator, berfungsi dalam pengisian daya baterai. Jika komponen ini rusak maka tegangan baterai akan selalu drop.

3. Ada korsleting di sistem starting

Seperti yang telah kita singgung diatas, short ciricuit atau hubungan singkat arus listrik adalah penyebab utama terjadinya kerusakan starter. Korsleting biasanya terjadi di terminal 30 starter yang posisinya berdekatan dengan logam mesin yang terhubung dengan massa aki.

Untuk mendeteksinya, biasanya ada bekas terbakar atau hitam pada area tersebut. Selain itu, motor starter juga cenderung akan langsung mati karena fuse atau sekering starter terputus.

Solusinya, anda perlu menemukan area yang mengalami korsleting. Cara membetulkannya, cukup mudah. Tinggal buka dan bersihkan dari kerak atau bekas terbakar yang ada, kemudian pasang kembali dengan posisi yang tidak berdekatan. Anda bisa menambahkan penyekat untuk memastikan korsleting tidak terjadi.

4. Relay starter rusak

Fungsi relay adalah sebagai pengalir arus utama starter dari baterai yang langsung terhubung ke terminal 30 starter. Relay diibaratkan sebagai jembatan yang langsung menghubungkan arus baterai ke starter, namun jembatan itu diaktifkan oleh kunci kontak.

Saat bandig atau relay putus, starter tidak akan bisa hidup. Karena posisi relay ada diantara aki dengan motor starter, otomatis arus dari sumber dalam hal ini baterai tidak akan tersalurkan.

Untuk mendeteksi kerusakan bandig, cukup tekan bandig sambil menekan tombol starter. Jika normal, ada ketukan atau minimal getaran saat starter ditekan. Tapi jika tidak ada ketukan pada bandig, maka bisa dipastikan komponen ini rusak.

Solusinya mudah, anda perlu memggantinya saja dengan yang baru. Paling harga komponen ini tidak lebih dari 20 ribu,

5. Rasio kompresi motor rendah

Jika masalah anda yakni susah distart disaat tertentu seperti saat mesin dingin, atau dipagi hari, kemungkinan ada sektor lain selain motor starter yang mengalami kerusakan. Salah satunya dari sisi mesin itu sendiri.

Mesin memerlukan tekanan kompresi untuk meningkatkan homogenitas dan tekanan gas agar mudah terbakar. Umumnya tekanan kompresi mesin bensin berkisar 7 - 10 : 1. Jika kondisinya kurang dari 7 maka mesin akan sulit hidup khususnya di pagi hari saat mesin masih dingin.

Namun mesin tetap bisa dihidupkan ketika sudah kita engkol hingga lebih dari lima kali.

Ini dikarenakan saat kita mengengkol mesin, kompresi tetap terjadi meski tidak terjadi pembakaran. Kompresi tersebut, perlahan meningkatkan suhu mesin sehingga semakin lama kita mengengkol mesin mesin menjadi lebih mudah dihidupkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: