Mudik dan Balik 2019, Jumlah Kecelakaan dan Korban Meninggal Meningkat

Mudik dan Balik 2019, Jumlah Kecelakaan dan Korban Meninggal Meningkat

BATANG - Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan Operasi Ketupat Candi 2019, kejadian kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah mengalami kenaikan sebesar 7% dari 324 kejadian pada tahun 2018, menjadi 348 kejadian pada tahun ini.

Kapolres dan Dandim beserta Forkominda menggelar halal BI halal dengan anggota Polri, TNI, Satpol PP dan petugas yang terlibat operasi ketupat candi 2019 di halaman Mapolres Batang. (Dok istimewa)

"Selain jumlah Laka meningkat, tingkat fatalitas juga mengalami kenaikan, dimana korban meninggal dunia naik 233%. Pada 2018 tercatat ada 12 orang meninggal, dan pada 2019 ini naik menjadi 40 orang. Luka berat turun 16% dari 25 orang (tahun 2018) menjadi 21 orang ( tahun 2019 ) dan luka ringan naik 6% dari 430 orang ( tahun 2018 ) menjadi 456 orang ( tahun 2019 )," ujar Dandim 0736 Batang, Letkol Kav.Henry Napitupulu saat membacakan sambutan Kapolda Jawa Tengah pada Apel Konsolidasi OPS Ketupat Candi 2019 dan Persiapan PAM Sidang Perselisihan Hasil Pemikihan Umum Tahun 2019, di halaman Mapolres Batang, Kamis (13/6/2019).

Letkol Kav.Henry Napitupulu yang menjadi komandan apel menjelaskan, paska sidang Permohonan perselisihan hasil pemilihan umum(PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK) tahun 2019 yang akan dilaksanakan perdana tanggal 14 juni 2019, Polda Jateng bersama TNI dan instansi terkait Siap mengamankan rangkaian proses sidang PHPU.

"Ini merupakan rangkaian dari pengamanan pemilu serentak 2019. Saya minta persiapkan diri kalian dengan baik, jaga kesehatan, antisipasi ancaman teror dan Potensi konflik sosial. Persiapkan renpam, ploting personel dan sarana prasarana yang dibutuhkan dengan baik. Berikan app yang jelas kepada anggota dan lakukan pengamanan terhadap anggota yang bertugas (buddy system)," jelas Dandim membacakan amanat Kapolda Jateng, didampingi Kapolres Batang AKBP Edi S Sinulingga.

Dalam sambutanya Kapolda juga berharap kepada semua pihak, baik TNI, Polri, Penyelenggara pemilu dan semua pihak bergerak kompak agar rangkaian pemilu berjalan damai.

"Bagi semua anggota Polri untuk mengedepankan langkah-langkah proaktif dan preventif, karena ini Kunci keberhasilan keamanan adalah soliditas dan sinergitas TNI, Polri," tandasnya.

Pada sambutanya, Kapolda Jawa Tengah juga mengapresiasi kinerja segenap personel di seluruh jajaran beserta Instansi terkait, yang telah bekerja keras dengan penuh keikhlasan guna menjamin terlaksananya operasi ketupat candi 2019, mudik lebaran dan perayaan Hari raya idul fitri 1440 hijriyah di wilayah Jawa Tengah lancar, aman dan kondusif.

Usai apel, Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga bersama Wakil Bupati Batang Suyono, Komandan Kodim 0736 Batang dan Forum Koorfinasi Pimpinan Daerah lainya menggelar halal bi halal di halaman Polres Batang dengan angggota Polisi dan TNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: