Anak Bangsa Diharap menjadi Pahlawan Masa Kini

Anak Bangsa Diharap menjadi Pahlawan Masa Kini

UPACARA - Jajaran Kodim 0710/Pekalongan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di lapangan apel makodim setempat, Minggu (10/11).

KOTA - Momentum peringatan Hari Pahlawan diharapkan bisa membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini".

Demikian disampaikan Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P Batubara dalam amanatnya yang dibacakan oleh Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 0710/Pekalongan Mayor Infanteri Laindah saat menjadi Inspektur Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pahlawan tahun 2019 di makodim Pekalongan, Minggu (10/11) pagi.

Selain itu disampaikan Mensos bahwa menjadi Pahlawan Masa Kini bisa dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. "Keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata tidak boleh dibiarkan sia-sia," tandas Mensos dalam amanatnya, sebagaimana dibacakan Mayor Laindah.

"Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain," kata Juliari.

Melalui peringatan Hari Pahlawan, imbuhny, bangsa Indonesia diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut Kemerdekaan Indonesia.

Selain menggelar upacara bendera dan mengheningkan cipta di lapangan Upacara Makodim 0710/Pekalongan, peringatan Hari Pahlawan juga diisi dengan upacara Hari Pahlawan di tingkat Kabupaten Pekalongan bertempat di alun-alun Kajen, serta kegiatan Ziarah Nasional di TMP Bhakti Wiratama Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini diikuti oleh Dandim Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto bersama jajaran forkompinda setempat. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: