Mulai Besok, PT KAI Buka Layanan Rapid Test Antigen di Stasiun Pekalongan
*Biaya Rp105.000
KOTA - Terhitung mulai Selasa (19/1/2021), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 4 Semarang akan membuka layanan Rapid Test Antigen bagi para calon penumpang KA di Stasiun Pekalongan.
Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro menuturkan dibukanya layanan rapid test antigen sebagai deteksi dini penyebaran Covid-19 ini menambah layanan rapid test antigen yang telah dilaksanakan PT KAI Daop 4 Semarang.
Sebelumnya, layanan rapid test antigen telah dilaksanakan dibuka di Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal dan Cepu.
"PT KAI terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggannya yakni menjadikan tranportasi Kereta Api yang aman dari Covid-19. Setelah pelayanan Rapid Test Antigen di Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal dan Cepu, mulai hari Selasa, 19 Januari 2021 akan dibuka pelayanan Rapid Test Antigen di Stasiun Pekalongan," kata Krisbiyantoro, Senin (18/1/2021).
Dia menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan layanan Rapid Test Antigen ini PT KAI bekerja sama dengan PT Jasa Prima Putra.
Pelayanan Rapid Test Antigen di Stasiun Pekalongan, setiap harinya akan dibuka mulai pukul 08.00 sampai16.00, dilayani oleh dua petugas analis dan satu petugas administrasi.
"Biaya Rapid Test Antigen masih tetap yakni Rp105.000 untuk setiap calon penumpang KA," tuturnya.
Ditambahkan Krisbiyantoro, untuk menjaga protokol kesehatan terkait jaga jarak, kerumunan antrean dan menghindari penumpang ketinggalan KA-nya, maka sehari sebelum (H-1) hari keberangkatan KA, calon penumpang diharapkan sudah mendapatkan hasil Rapid test Antigen tersebut.
Persyaratan dengan Surat Keterangan Rapid test antigen ini hanya diperuntukkan bagi pelanggan KA Jarak Jauh dan masa berlaku tiga hari sejak tanggal dikeluarkannya surat keterangan tersebut.
"Upaya ini untuk membantu program Pemerintah dalam menekan penyebaran wabah Covid-19 di tanah air kita," jelas dia.
Lebih lanjut Krisbiyantoro menambahkan, PT KAI mengharapkan kepada masyarakat yang masuk di lingkungan stasiun untuk mematuhi protokol kesehatan, yakni dengan mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghimbau untuk menggunakan pakaian lengan panjang bagi pelanggan KA.
"Peningkatan layanan dengan Rapid test Antigen di stasiun Pekalongan ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan KA dan sebagai upaya PT KAI dalam pencegahan penyebaran Covid-19 sehingga dapat menciptakan rasa aman, nyaman dan menjadikan kereta api sebagai transportasi yang sehat," pungkas Krisbiyantoro. (way)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: