Apotek Sekolah Lengkapi Fasilitas Praktikum Farmasi

Apotek Sekolah Lengkapi Fasilitas Praktikum Farmasi

*SMK Yapenda 2 Wiradesa

PRAKTIK - Suasana praktik siswa Jurusan Farmasi SMK Yapenda 2 Wiradesa. EKA ISDITYA

WIRADESA - SMK Yapenda 2 Wiradesa kini memiliki ruang praktikum khusus, untuk menunjang kegiatan praktik siswa Jurusan Farmasi yakni Apotek Sekolah.

Selain ruang praktikum berupa laboratorium farmasi, kini para siswa juga telah dapat memanfaatkan ruang khusus sebagai Apotek untuk menunjang praktik siswa. Demikian diungkap Ketua Jurusan Farmasi SMK Yapenda 2 Wiradesa, Chasnawati SSi Apt. "Alhamdulillah kami mendapat tambahan ruang praktik baru, sekarang laboratorium farmasi tidak hanya satu ada dua tambahan ruang dan juga Apotek Sekolah ini," ujar Bu Atik, sapaannya.

Dengan adanya Apotek tersebut, para siswa dapat langsung mengaplikasikan mata pelajaran farmasi sekaligus kewirausahaan dengan menjual produk-produk obat rancangan mereka.

Diceritakan, para siswa SMK Yapenda 2 Wiradesa khususnya jurusan farmasi telah dibekali ilmu agar dapat merancang produk-produk berupa obat kesehatan, kecantikan, hingga ramuan-ramuan tradisional. "Alhamdulillah di kelas XI anak-anak sudah mulai kami ajak untuk praktik membuat produk sendiri, seperti contohnya produk lulur dari sari alpukat ini," ujar dia.

Selain membekali siswa agar siap terjun ke dunia kefarmasian, pihaknya juga tentu membekali siswa untuk siap menjadi wirausawan yang mampu mendorong terbukanya lapangan kerja melalui keterampilan yang mereka miliki.

"Pelajaran kewirausahaan disini juga kami tekankan. Praktiknya juga kami rutin mengikuti kegiatan-kegiatan expo untuk memperkenalkan produk-produk kami kepada masyarakat," tandasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: