Awalnya Jualan 4 VCD Player, Kini Miliki Toko Elektronik

Awalnya Jualan 4 VCD Player, Kini Miliki Toko Elektronik

Jujur dalam berbisnis, menuai keberhasilan dalam bisnis tentunya banyak lika-liku yang harus dilalui. Tidak terkecuali dengan Rony Setyawan, owner Toko Berkah Jaya Elektronik yang berada di Jalan Angkatan 45, Kota Pekalongan ini.

Rony Setyawan
Owner Toko Berkah Jaya Elektronik

Dia memulai usaha dari bisnis 4 VCD player. Pria lulusan SMA ini mulai belajar mandiri sejak lulus dari bangku sekolah menengah atas. Sebelum mengurus tokonya yang besar seperti sekarang ini.

Roni sapaanya tersebut harus menjalani masa-masa penuh perjuangan dalam hidupnya, saat mulai bekerja.

Semua tidak instan, berawal dari tahun 1996 sejak lulus sekolah, Roni langsung bekerja sebagai mandor di Blitar Jawa Timur.

Pekerjaan di bangunan tersebut dia tekuni hingga kurang lebih 1 tahun, hingga akhirnya kembali ke kota Pekalongan. Tepat pada tahun 1997, dia pulang kembali ke Kota Pekalongan dengan membawa uang 1 juta rupiah yang merupakan hasil tabungannya selama di Jawa Timur.

Berbekal uang itu dia membuka usaha kaca, namun hanya bertahan sebentar. Roni kemudian menjual semua kacanya pada tahun 1998, dari penjualan Roni dapat mengumpulkan uang sebesar 2 juta rupiah. Singkat cerita dengan uang tersebut dibelikanlah VCD player dan berhasil hingga dipercaya suplayer untuk menambah koleksi daganganya.

"Dengan jual VCD murah dan ternyata laku, padahal dulu banyak pesaing toko yang lebih besar hingga ada suplayer masuk dan akhirnya berkembang," katanya.

Pelayanan yang baik serta ketekunan dari bapak tiga orang anak ini, yang membuat konsumennya banyak kembali kepadanya untuk membeli barang elektronik, sedikit demi sedikit produk-produk elektronikpun bertambah. Keuntungan dari berjualan elektronik dia kumpulkan dengan tekun, disiplin tinggi terkait manajemen keuanganpun mulai dia terapkan. Hingga sekarang Roni telah memiliki 50 karyawan yang bekerja denganya.

Berbekal ketekunan dan jujur dalam usaha kini pria berkaca mata tersebut juga telah mampu menjadi distributor barang-barang elektronik yang tersebar di berbagai kota di Jawa Tengah dan Jogja.

Satu hal yang Roni terus pegang adalah positif thinking dan tidak pernah menyerah pada keadaan, bagaimanapun hidup perlu sebuah proses untuk nantinya dapat dijadikan pelajaran hidup. Dan yang paling penting dari segalanya itu kejujuran, baik terhadapa pelayanan, konsumen hingga karyawan maka hasil yang maksimal yang akan di dapat.

"Prinsip saya kerja ataupun tidak dengan siapa pun itu saya harus jujur, ulet dan tekun maka semuanya akan mudah didapat," tegasnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: