Ayo Daftar, Nikah Maulid Buka Kesempatan bagi 25 Pasangan

Ayo Daftar, Nikah Maulid Buka Kesempatan bagi 25 Pasangan

*Ditarget Lebih Banyak dari Tahun Lalu

NIKAH MAULID - Sebanyak 20 pasangan mengikuti "Nikah Maulid" di Gedung Kanzus Sholawat Kota Pekalongan pada Jumat, 14 Desember 2018 lalu.

KOTA - Sebagaimana tahun-tahun sebelum, rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Kanzus Sholawat tahun 1441 H/2019 M juga akan kembali dimeriahkan dengan kegiatan Nikah Maulid. Acara Nikah Maulid ini dijadwalkan akan digelar pada Jumat, 29 November mulai 08.00 sampai 11.00 WIB di Gedung Kanzus Sholawat.

Panitia Seksi Nikah Maulid, H Agus Yahya, menuturkan panitia menargetkan nikah maulid tahun ini akan diikuti 25 pasang, atau meningkat dari tahun lalu yang sebanyak 20 pasang.

Agus Yahya menuturkan, pendaftaran calon peserta nikah maulid telah dibuka sejak 1 hingga 25 November mendatang. Pendaftaran peserta bisa dilayani di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pekalongan Selatan. "Sementara ini yang mendaftar sudah ada empat pasang calon peserta nikah maulid," jelasnya, kemarin (2/11).

Sebagaimana yang sudah-sudah, persyaratan pendaftaran nikah maulid ini masih sama dengan aturan pernikahan yang berlaku pada umumnya. Hanya saja, peserta nikah maulid tidak dipungut biaya, karena semua beban biaya pernikahan sudah ditanggung panitia.

Agus Yahya meminta masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya untuk menginformasikan kepada sanak saudara, tetangga, dan lainnya yang ingin mengikuti nikah maulid di Gedung Kanzus Sholawat. Bagi yang ingin mendaftar sebagai peserta, bisa menghubungi KUA Kecamatan Pekalongan Selatan atau nomor HP atau WA Agus Yahya selaku panitia, di nomor 085866206968.

Diberitakan sebelumnya, rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M Kanzus Sholawat Kota Pekalongan pimpinan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya tahun ini akan digelar lebih meriah.

Sekretaris Umum Panitia Maulid Kanzus Sholawat, Sumarjo SH menerangkan pra acara rangkaian peringatan Maulid Nabi di Kota Pekalongan ini diantaranya akan diawali pada Rabu, 27 November 2019 dengan pagelaran wayang kulit bertempat di Gedung Kanzus Sholawat, Jalan Dr Wahidin, Kota Pekalongan.

Kemudian pada Kamis, 28 November akan diisi dengan Pengajian Milenial dengan penceramah KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) di Lapangan Mataram mulai pukul 20.00 WIB.

Kemudian pada Jumat 29 November mulai 08.00 sampai 11.30 WIB akan dilaksanakan Nikah Maulid di Gedung Kanzus Sholawat.
Masih di hari yang sama, ulai pukul 13.30 hingga 15.00 WIB akan digelar Kirab Merah Putih dengan titik start dari Masin, Warungasem, Kabupaten Batang dan finish di Alun-Alun Kota Pekalongan.

Selanjutnya pada Sabtu 30 November, mulai pukul 07.00 hingga 09.00 akan gelar Apel Merah Putih dan Apel NKRI di Alun-Alun Kota Pekalongan. "Selain itu, mulai pukul 08.00 sampai 12.00 akan diadakan silaturahmi ulama, umaro, TNI, dan Polri bertempat di Gedung HA Djunaid," ungkap Sumarjo.

Masih di hari yang sama, mulai pukul 13.30 akan digelar Pawai Pajang Jimat dengan titik start di Stadion Hoegeng dan finish di Jalan Dr Wahidin. Dilanjutkan pada sore harinya akan dilaksanakan pembacaan Dalailul Khoirot disambung dengan khataman Al Quran dan pembacaan manaqib di Makam Habib Hasyim bin Yahya di Sapuro, Kota Pekalongan. "Pada Sabtu malam itu, mulai pukul 20.00 diadakan hiburan musik samer dan gambus di depan Gedung Kanzus Sholawat," beber Sumarjo.

Sementara, puncak Peringatan Maulid Nabi akan dilaksanakan pada Minggu, 1 Agustus mulai pukul 07.00 WIB di Gedung Kanzus Sholawat. Rangkaiannya diisi dengan Dalailul Khoirot, Qasidah Simtuddurror, mauidloh hasanah, dan pelaksanaan maulid hingga pukul 14.00.

"Sebagai informasi pula, rencananya rangkaian peringatan Maulid Nabi tahun ini akan dimeriahkan pula dengan kegiatan bazaar atau pasar kerakyatan dari tanggal 25 November sampai 3 Desember di Jalan Dr Wahidin," imbuh Sumarjo. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: