Baru Setahun, Bangunan Talud Desa Sawangan Ambrol

Baru Setahun, Bangunan Talud Desa Sawangan Ambrol

DORO - Bangunan talud lapangan olah raga di Desa Sawangan, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, ambrol di sebagian konstruksinya. Diduga, ambrolnya bangunan tersebut lantaran kualitas pengerjaannya yang tidak standar.

Demikian diungkapkan pemerhati lingkungan, Isa Anshori kepada Radar, Rabu (24/6/2020). Ia menegaskan, bangunan talud lapangan yang berada tidak jauh dari balai desa tersebut seyogyanya masih berdiri kokoh, lantaran proyek tersebut merupakan hasil bantuan keuangan dari provinsi (Banprov) Jawa Tengah di tahun 2019 lalu, sehingga usianya belumlah lama.

"Kerusakan bangunan talud apakah dari faktor alam atau taknis yang mnyalahi aturan, atau komposisi material bangunan yang tidak tepat, ini tentu perlu didalami. Karena yang dirugikan jelas masyarakat yang semestinya menikmati hasil pembangunan " ujarnya.

Karena itu, Isa menilai ambrolnya talud lapangan sudah semestinya menjadi perhatian bersama pemerintah dan masyarakat. Hal itu agar menjadi pembelajaran bersama, sehingga permasalahan serupa tak terus terulang.

"Mudah-mudahan ke depan tidak terjadi kasus serupa. Karena itu, masyarakat juga harus berpartisipasi aktif mengawal proses pembangunan, salah satunya dengan ikut memberikan kontrol dan pengawasan, sehingga ketika ada permasalahan bisa cepat tertangani atau bahkan masalah bisa dicegah," terangnya.

Dari informasi yang diperoleh Radar, proyek talud lapangan di Desa Sawangan sendiri dikerjakan tahun 2019 lalu. Pekerjaan itu telah dilaksanakan sebelum pergantian kepala desa lama ke kepala desa yang sekarang.

Sementara itu, Radar sendiri belum mendapatkan penjelasan dari pihak pemerintah desa setempat. Saat dihubungi lewat ponsel, nomor Kades Sawangan belum tersambung. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: