Belanda Cabut Aturan Pakai Masker dan Jaga Jarak, Jam Buka Bar dan Kafe Kembali Normal

Belanda Cabut Aturan Pakai Masker dan Jaga Jarak, Jam Buka Bar dan Kafe Kembali Normal

Belanda akan mencabut hampir semua aturan pembatasan di masa pandemi Covid-19 mulai 25 Februari mendatang. Keputusan ini diambil setelah jumlah kasus dan rawat inap di negeri kincir angin itu turun.

"Negara akan terbuka lagi. Kita akan kembali seperti biasa tutup jam sebelum corona, tidak perlu jaga jarak 1,5 meter lagi," kata Menteri Kesehatan Belanda Ernst Kuipers dalam konferensi pers, dikutip ngopibareng dari AFP.

Jam buka bar, restoran, dan kelab malam akan kembali seperti semula sebelum pandemi Covid-19. Sedangkan jaga jarak dan pemakaian masker tidak lagi diwajibkan di sebagian besar tempat. Pemakaian masker hanya wajib di transportasi umum dan di bandara.

"Masker hanya wajib di transportasi umum dan di bandara. Jaga jarak dan pakai masker tetap masuk akal, tapi tidak ada kewajiban," kata Ernst Kuipers.

Namun anehnya, Ernst Kuipers memperingatkan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir dan orang-orang yang rentan masih harus tetap berhati-hati.

Sebelumnya, Belanda merupakan salah satu negara yang menerapkan pembatasan ketat pada Desember 2021 lalu karena kasus Covid-19 akibat varian omicron yang meningkat. Belanda juga pernah mengalami dua kerusuhan pada 2021 karena pembatasan Covid-19. Sehingga aturan prokes ketat mulai dicabut secara bertahap. (ngopibareng)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: