Berdayakan Lansia Produksi Kopi Lokal

Berdayakan Lansia Produksi Kopi Lokal

PANINGGARAN - Puluhan warga lanjut usia di Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran diberdayan oleh TP PKK setempat guna mengolah kopi yang dijadikan produk unggulan desa.

Dijelaskan Kepala Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Agus Susilo, bahwa potensi pertanian kopi desanya yang belum digali dengan baik menjadikan pihak pemdes mengkoordinasi para lansia diberdayakan untuk menggoreng (sangrai) buah kopi dan dikas untuk selanjutnya dijual baik secara online maupun secara langsung ke toko-toko. Termasuk menjadi oleh-oleh khas kopi tradisional "Kokka" yang di jual di Obyek Wisata Kali Paingan.

"Kita berdayakan para lansia yang sudah tidak produktif agar dapat bekerja , mereka menyangrai buah kopi yang dibayar sekitar Rp 50.000 an," ungkap Agus, Sabtu (4/7/2020).

Agus sapaan akrab pengurus Asosiasi Penguasa Desa (Apedi) Kabupaten Pekalongan ini mengharapkan agar potensi wisata dan pertanian di desanya dapat berkembang yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Semoga adanya produk olahan kopi tradisional ini dapat meningkatkan perekonomian warga," ungkapnya.

Agus juga mengharapkan dinas terkait dapat memberikan support, baik bantuan alat maupun pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM). Harapannya, usaha olahan lokal tersebut berkembang dan bisa menjadi ikon khas kopi Kabuaten Pekalongan. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: