Berikan Apresiasi untuk Guru dan Siswa Terajin

Berikan Apresiasi untuk Guru dan Siswa Terajin

*SMPN 2 Sragi

BERIKAN - Kepala SMPN 2 Sragi memberikan apresiasi kepada guru usai apel pagi.

SRAGI - Sebagai upaya penguatan karakter kedisiplinan, SMP Negeri 2 Sragi memiliki satu kebiasaan khusus yakni pemberian apresiasi kepada guru, siswa maupun tenaga kependidikam terajin. Kategori ini merupakan sebuah penghargaan kepada mereka yang paling sering hadir lebih awal ke sekolah.

Demikian disampaikan Kepala SMP Negeri 2 Sragi, Jaroni SPd. "Kami memang punya program untuk memberikan apresiasi kepada siswa, guru, maupun staf yang datang paling awal. Alhamdulillah dari hal kecil ini muncul motivasi-motivasi besar untuk bisa lebih disiplin," ujarnya.

Setiap bulan, pihaknya memberikan penghargaan berupa hadiah kepada sosok yang paling rajin dan telah mampu memberikan contoh baik dengan berangkat ke sekolah lebih awal. "Alhamdulillah kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin di SMPN 2 Sragi. Dan alhamdulillah terlaksana dengan baik," ungkap dia.

Reward and punishment sengaja diberlakukan di SMPN 2 Sragi agar dapat menegakkan tata tertib yang telah dibuat oleh sekolah. Tujuannya tak lain adalah untuk peningkatan karakter siswa khususnya karakter kedisiplinan.

"Tidak hanya fokus pada bekal akademik, tapi juga bekal pendidikan karakter yang tidak kalah penting untuk membentuk akhlak dan kepribadian siswa," pungkasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: