Besok Rabu, Seluruh SMP MTs Mulai Simulasi UNBK

Besok Rabu, Seluruh SMP MTs Mulai Simulasi UNBK

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar, Sugiyo

KOTA - Sebagai salah satu kesiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2020, seluruh SMP/MTs negeri maupun swasta di Kota Pekalongan akan serentak melaksanakan simulasi tahap pertama UNBK pada Rabu (6/11).

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Sugiyo, simulasi 1 ini juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Rencana simulasi akan dilaksanakan dua tahap. Diawali dengan pendataan siswa, yang paling lambat sudah dilaksanakan 28 Oktober kemarin.

"Dilanjutkan dengan pengaturan server dan sesi, kemudian sinkronisasi periode 1 yang dilaksanakan hari ini (4/11) dan Selasa (5/11). Kemudian simulasi 1 akan dilaksanakan pada Rabu (6/11), dengan mata pelajaran bahasa Inggris. Kemudian pada Kamis (7/11) simulasi untuk mata uji lainnya," jelas Sugiyo, Senin (4/11).

Sedangkan simulasi kedua, rencananya akan dilaksanakan pada Rabu (13/11) dan Kamis (14/11) pekan depan.

Ditambahkan Sugiyo, pihaknya sudah memberikan imbauan ke sekolah-sekolah agar seluruh siswa yang akan mengikuti UNBK tahun 2020 untuk bisa mengikuti simulasi ini.
Simulasi rencananya akan dilaksanakan dua kali.

"Beda dengan tahun lalu, simulasi UNBK tahun ini hanya dua kali, simulasi tahap pertama dan kedua, sekaligus geladi bersih. Kalau tahun kemarin, ada tahap satu, tahap dua, dan tahap tiga untuk geladi bersih," terangnya.

Lebih lanjut Sugiyo menambahkan, dilihat dari segi perlengkapan, untuk Kota Pekalongan seluruh sekolah sudah siap mengikuti UNBK 2020. Tidak ada lagi sekolah negeri yang menginduk ke sekolah lain. Apalagi, tahun ini ada delapan sekolah yang mendapat bantuan TIK dari pemerintah pusat.

"Sehingga untuk kelengkapan, sudah siap 100 persen. Dengan adanya bantuan itu, ada sekolah yang semula UNBK-nya dilaksanakan tiga sesi menjadi dua sesi, dan tidak ada sekolah negeri yang menginduk. Kecuali SMP swasta, ada satu yang tidak menginduk, tetapi pinjam tempat," lanjutnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: