Demi Keselamatan, Tolong Hindari Keramaian

Demi Keselamatan, Tolong Hindari Keramaian

*Hambat Persebaran Covid-19

KOORDINASI - Bidan Desa, Fatimah saat berkoordinasi dengan Pemdes Dororejo guna membahas pencegahan wabah Covid-19.

DORO - Tidak hanya pemerintah di segala tingkatan, instansi kesehatan juga sejauh ini proaktif mengkampanyekan pencegahan persebaran Covid-19 hingga ke desa-desa. Tak terkecuali bidan desa, yang terus mengedukasi masyarakat untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk tinggal di rumah dan menjaga jarak sosial (social distancing).

"Sebelum kasus corona ini merebak hingga ke daerah, kita sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, apa itu corona dan bagaiman pencegahannya melalui informasi yang disampaikan pada Posyandu, jamaah tahlil, anggota Tim Penggerak PKK di desa-desa," ungkap Bidan Desa Donorejo, Kecamatan Tirto, Fatimah AMd Keb, Minggu (22/3/2020).

Setelah merebaknya Covid-19, Fatimah juga langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Desa guna mempersiapkan pelaksanaan edaran Bupati Pekalongan. Intinya, kata dia, masyarakat diimbau agar tetap tinggal di rumah dan menunda kegiatan yang bersifat pengumpulan massa.

"Apabila kegiatan pengumpulan massa tidak bisa ditunda, seperti acara nyadran kemarin di Desa Dororejo, kita lakukan pengecekan suhu agar bisa memisahakan orang yg sakit dan sehat serta memantau cuci tangan pakai sabun," terangnya.

Pihaknya juga terus memberikan sosialisasi ke masyarakat untuk lebih waspada. Jika ada warga yang pulang dari daerah persearan corona, agar segera diinformasikan ke desa atau puskesmas. "Karena kita akan datangi rumah yang bersangkutan untuk melakukan screening suhu," ucapnya.

Dia juga mengimbau masyarakat terus menjaga pola hidup sehat di tengah pandemi corona ini. Biasakan makan makanan bergizi, cuci tangan pakai sabun, dan lainnya. "Dengan kepedulian semua, semoga kita masyarakat Pekalongan dan Indonesia pada umumnya bisa terhindar, dan wabah corona cepat hilang dari Indonesia," pungkasnya. (jun/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: