Dorong Semangat Literasi, Kunjungi Radar Pekalongan

Dorong Semangat Literasi, Kunjungi Radar Pekalongan

*SMA Negeri 1 Kajen

KUNJUNGAN - Kunjungan tim jurnalistik SMA Negeri 1 Kajen di Graha Pena Radar Pekalongan, Senin (04/11).

KOTA - Sebanyak 25 siswa SMA Negeri 1 Kajen yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik melakukan studi banding atau kunjungan di Graha Pena Radar Pekalongan, Jalan Binagriya Raya Pekalongan. Para peserta yang merupakan siswa kelas X, XI, dan XII belajar dan mengenal lebih dekat kegiatan redaksi di Radar Pekalongan, Senin (04/11).

Sumito, selaku pembina ekstrakurikuler jurnalistik SMA Negeri 1 Kajen mengungkapkan, kunjungan tersebut menjadi salah satu kegiatan yang diharapkan dapat membangkitkan semangat literasi bagi para siswanya. "Kebetulan 25 anak ini merupakan siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik. Di sekolah anak-anak bertugas mengelola majalah yang bernama 'Wahana Smanka' yang terbit sebanyak 2 kali dalam satu tahunnya," ujar dia.

Menurutnya, perlu adanya kunjungan di kantor media agar para siswa mengetahui atmosfer lingkungan redaksi serta memahami betul proses pencarian, penulisan, hingga publikasi berita. Dalam kesempatan tersebut, para siswa SMA Negeri 1 Kajen yang didampingi oleh 4 orang guru pendamping disambut oleh Pimpinan Perusahaan Radar Pekalongan Rosikin, dengan didampingi Manajer Pemasaran, Abdurrahman.

Dalam materinya, Abdurrahman menyampaikan secara sederhana konsep kepenulisan, mulai dari pencarian topik, hingga proses editing. "Yang pertama harapannya tentu agar anak-anak semakin bersemangat menggerakkan kegiatan literasi di sekolah, selain iti juga terkait tugas mereka sebagai pengelola majalah sekolah, diharapkan bisa memahami kaidah dan terus mengasah kreativitas dalam dunia jurnalistik," tandasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: