Festival Durian Untuk Mempromosikan Durian Unggulan Khas Kabupaten Pekalongan

Festival Durian Untuk Mempromosikan Durian Unggulan Khas Kabupaten Pekalongan

Durian Pekalongan Menyuplai Pasar Buah Jakarta dan Surabaya

Festival Durian Tahun 2020 ini masih diselenggarakan di wilayah Kabalong tepatnya di Wisata Alam La Ranch Desa Limbangan, Kecamatan Karanganyar. Sebuah tempat wisata kuliner baru yang digagas oleh salah satu pelaku wisata, Minggu (9/2/2020).

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menerangkan bahwa dalam Festival Durian tahun ini tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan durian-durian unggulan khas rasa lokal Kabupaten Pekalongan yang tadi kita juga konteskan.

"Semua aromanya adalah lokal, lebih enak, lebih original, dan lebih bagus seleranya," ucapnya.

Selain itu, untuk terus menerus menggeliatkan obyek wisata Kabalong (Karanggondang, Limbangan, Lolong). Festival durian ini selalu diadakan di tiga desa tersebut. "Kita lihat situasinya, mana yang paling representatif, karena ketiga desa tersebut adalah desa wisata yang akan kita kembangkan," terangnya.

Untuk buah unggulan potensi ada pada buah manggis dan durian yang pemasarannya masih dalam negeri, namun sangat menjanjikan. Karena durian Kabupaten Pekalongan ini juga mensuplai pasar buah yang ada di Jakarta, Surabaya, bahkan di luar jawa.

"Kalau mereka menggelar pesta durian dan bila stok kurang, mereka pasti membeli buah durian dari Kabupaten Pekalongan," ujarnya.

Event Wisata di Kota Santri Perlu Diperbanyak

Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun menambahkan bahwa festival durian ini merupakan program tahunan dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan. Event-event seperti ini perlu diadakan karena melihat banyaknya potensi wisata yang berkembang di Kabupaten Pekalongan.

"Event seperti ini kalau bisa ditambah lagi, karena dengan banyaknya event nanti banyak wisatawan yang masuk ke Kabupaten Pekalongan. Tentunya akan bisa mendatangkan pertumbuhan ekonomi bagi kita dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat," jelasnya.

Kawasan Kabalong itu potensinya sangat luar biasa, alamnya indah dan sejuk, hasil pertaniannya juga bagus semua, ada durian, pete, rambutan. Kalau semua ini dikembangkan dan difasilitasi oleh Pemerintah akan berkembang sangat baik.

"Dari pemerintah silahkan diurus bukan hanya dari dinas Pariwisata saja, akan tetapi semua OPD terkait UMKM juga," sarannya.

Oleh karena itu, dewan mendorong agar bisa memberikan manfaat yang lebih besar, kalau perlu sampai ekspor. Karena manggis kita di Paninggaran juga sudah ekspor, begitu juga durian lokal kita dorong jika memang potensinya bagus untuk bisa ekspor. Semua perlu fasilitasi dan sentuhan dari pemerintah bagaimana agar ekspor itu lebih mudah.

Terkait penyelenggaraan festival, kedepan agar bisa ditata kemasannya lebih bagus lagi agar berjalan dengan aman, tertib dan meriah. Tapi yang jelas dengan adanya festival durian seperti ini masyarakat senang karena mendapatkan durian gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: