Operasi Zebra Candi Dimulai, Penilangan Akan Mengedepankan ETLE

Operasi Zebra Candi Dimulai, Penilangan Akan Mengedepankan ETLE

KOTA - Jajaran Polda Jawa Tengah, termasuk Polres Pekalongan Kota, mulai 3 hingga 22 Oktober mendatang akan menggelar Operasi Zebra Candi 2022.

Sasaran operasi ini adalah semua pengendara roda dua, roda empat atau lebih, agar lebih tertib dalam berlalu lintas.

Selama berjalannya operasi ini, Satlantas tetap akan melakukan penindakan atau penilangan bagi pengendara yang melanggar aturan tertib berlalu lintas. Hanya saja, tilang tidak dilakukan secara manual, melainkan mengedepankan ETLE atau tilang elektronik.

Demikian ditegaskan Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, usai apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2022 di halaman mapolres setempat, Senin (3/10/2022).

"Untuk penindakan, akan lebih mengedepankan dengan menggunakan ETLE, tidak manual," kata Kapolres, didampingi Wakapolres Kompol Pariastutik, Kasatlantas AKP Aliet Alphard, dan beberapa pejabat utama Polres setempat.

Kapolres menjelaskan bahwa Operasi Zebra Candi ini bertujuan agar para pengendara lebih tertib dalam berlalu lintas sehingga bisa meminimalisir pelanggaran.

"Dengan begitu harapan kami bisa menurunkan angkq kecelakaan lalu lintas dan menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas," jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat apabila berkendara untuk mematuhi rambu-rambu, melengkapi semua persyaratan, baik itu kelengkapan diri, surat-surat kendaraan, maupun kendaraan bermotornya.

"Sehingga dalam berkendara tidak membahayakan diri sendiri maupun orang lain," imbaunya.

Kapolres juga memerintahkan kepada Kasatlantas dan jajarannya untuk menggencarkan lagi edukasi tentang keselamatan dan ketertiban berlalu lintas kepada masyarakat. Edukasi dimaksud, dilakukan melalui penyuluhan-penyuluhan maupun melalui baliho-baliho dan pamflet. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: