Ingin Pembangunan Sukses, Perencanaan jadi Kunci

Ingin Pembangunan Sukses, Perencanaan jadi Kunci

PANINGGARAN - Kesuksesan pembangunan tidaklah mungkin terlepas dari proses perencanaan yang baik. Karena itu, penting bagi setiap pemerintah desa untuk mengupayakan proses perencanaan ini bisa berjalan dengan baik dan benar, sehingga kelak bisa menjadi acuan dalam proses pembangunan.

Prinsip itu pula yang diyakini dan terus diikhtiarkan oleh Pemerintah Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Seperti disampaikan Kaur Perencanaan Desa Tenogo, Ra'adi kepada Radar, baru-baru ini, bahwa pihaknya secara tupoksi diharuskan mengkoordinasikan tahapan perencanaan pembangunan desa.

"Dan tahapan ini mau tidak mau harus dengan menyerap apa yang menjadi aspirasi warga Desa Tenogo. Kan sistem dan mekanismenya sudah tersedia, yakni melalui forum rapat musyawarah dusun atau musdus yang hasilnya akan dibawa ke musyawarah tingkat desa," terang Ra'adi.

Menurutnya, mekanisme tersebut juga mengandaikan penyusunan rencana kerja yang terkoordinasi dengan seluruh elemen dan para stakeholder terkait. Dengan cara itu, proses pembangunan semakin mengarah pada kesuksesan.

"Semua usulan warga kita tampung kemudian akan ada skala priotlritas dalam proses pembangunan desa. Tentu saja karena kemampuan anggaran desa kan terbatas, sehingga program kegiatan hasus dipilih berdasarkan aspek urgensi, kemanfaatan, dan lainnya," ujar Ra'adi yang telah mengabdi menjadi perangkat sepuluh tahun berjalan ini.

Karena itu, dia berharap setiap tahapan pembangunan bisa berjalan secara sinergis sekaligus didukung oleh semua elemen masyarakat. Sebab melalui semangat kolektivitas itulah ikhtiar memajukan Desa Tenogo semakin mudah direalisasikan. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: