Peringati Hari Pers Nasional, Wali Kota: Wartawan Mitra Saya

Peringati Hari Pers Nasional, Wali Kota: Wartawan Mitra Saya

KOMPAK - Wali Kota HM Saelany Machfudz SE, Kapolres AKBP Egy Adrian Suez, dan Letkol Inf Arfan Johan Wihananto berfoto bersama dengan insan pers, para pelajar dan mahasiswa.

KOTA - Media memiliki peran penting dalam meningkatkan branding Kota Pekalongan, karena selama ini telah mempublikasikan hasil-hasil kinerja Pemkot Pekalongan. Demikian disampaikan Wali Kota HM Saelany Machfudz SE dalam acara teras Wali Kota di Gues House, Senin (17/2). "Makanya wartawan itu mitra saya dan Pemkot Pekalongan. Jadi media itu sebagai elemen masyarakat dalam pembangunan kota Pekalongan," ucapnya.

Wali Kota juga mengakui, bila pers itu sakti, karena kemasan beritanya bisa menjadikan orang terkenal dan juga bisa menjatuhkan. "Saya bisa dikenal masyarakat secara luas karena media. Maka media itu sakti. Meski sakti, namun jangan menyakiti. Apalagi wartawan itu diikat dengan kode etik," pesannya.

Wali Kota juga mengaku tidak alergi dengan kritik berita. Malah sebaliknya, ia senang dengan kritikan positip. Sebab bisa membuatnya intropeksi demi merencanakan pembangunan yang lebih baik lagi. "Kalau ada yang keliru, silahkan kritik. Saya malah senang demi kebaikan Kota Pekalongan," tuturnya.

Senada disampaikan Kapolres AKBP Egy Adrian Suez. Ia menyebut, dalam menjalankan aktivitas jurnalistiknya, wartawan dilindungi undang-undang. "Ia memiliki kemerdekaan dalam meliput berita. Meski begitu, insan pers memiliki kode etik, diantaranya tidak dibenarkan menyebarkan informasi bohong," bebernya.

Sementara itu, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto menegaskan, bila media baik media cetak dan elektronik merupakan corong dalam mempublikasikan kegiatan di Pemkot Pekalongan, Mapolres dan Kodim 0710 /Pekalongan. "Jadi media itu organ penting dalam pembangunan Kota Pekalongan. Jadi tulang punggung dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat."

Sedangkan Ketua PWI Kota Pekalongan, Trias Purwadi mengaku, sinergitas antara wartawan dengan Pemkot Pekalongan sudah terjalin dengan baik. Karena itu, hubungan mutualisme yang sudah terjalin bisa dijaga. "Makanya kami mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota, Kapolres dan Dandim atas kerjasama selama ini," pungkasnya. Selain dihadiri wartawan baik media cetak dan online yang sering meliput Pemkot Pekalongan. Tampak hadir para aktivis media di SMA dan perguruan tinggi, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Restu Hidayat, Kepala DPU PR Nur Priyantomo, Kepala Dinas Kominfo Yos Rosyidi serta Kepala Badan Kepegawaian, Ir Budiyanto MPi MM. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: