ETLE Drone Diuji Coba di Kota Pekalongan

ETLE Drone Diuji Coba di Kota Pekalongan

ETLE DRONE - Ditlantas Polda Jateng bersama Satlantas Polres Pekalongan Kota dan APDI melakukan uji coba penerapan ETLE Drone di Exit Tol Setono, Kota Pekalongan, Rabu (25/1/2023) siang.--

Kompol Ilham Syafriantoro Sakti menjelaskan, Ditlantas Polda Jawa Tengah bersama Satlantas Polres Pekalongan Kota, bekerja sama dengan APDI kali ini melaksanakan sosialisasi dan uji coba ETLE mobile yang terintegrasi dengan drone di Kota Pekalongan. Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan seluruh Polres se-Jawa Tengah.

 

"Pada prinsipnya penindakan ETLE Drone ini merupakan pengembangan ETLE mobile di Jawa Tengah. Pelaksanaannya kurang lebih sama dengan dengan pelaksanaan ETLE mobile pada umumnya. Apabila saat operasional drone ini menemukan pelanggaran kasat mata, akan dilakukan peng-capture-an selanjutnya dikirim ke back office untuk proses verifikasi, validasi, dan selanjutnya pengiriman surat konfirmasi kepada pelanggar," terangnya.

 

Kompol Ilham menegaskan bahwa drone tersebut tidak hanya untuk penegakan hukum, namun juga untuk memantau situasi arus lalin di titik-titik yang sekiranya sebagai troublespot atau blankspot.

 

"Mana kala pada saat operasional menemukan pelanggaran ya kita lakukan penindakan melalui sistem peng-capture-an dari drone tersebut," bebernya.

 

Lebih lanjut Kompol Ilham menyampaikan bahwa penerapan ETLE mobile menggunakan drone itu masih akan terus dievaluasi ke depannya. 

 

"Saat ini pengoperasionalannya masih diawaki oleh Sub Bid Gakkum Ditlantas Polda Jateng. Kita juga menggandeng rekan-rekan dari APDI untuk mendampingi kita selama berlangsungnya kegiatan ini," imbuhnya.

 

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi melalui Kasatlantas AKP Aliet Alphard, menambahkan cara kerja ETLE Drone adalah memantau arus lalu lintas sekaligus memantau pelanggaran yang kasat mata.

 

"Apabila ada pelanggaran-pelanggaran misal tidak menggunakan helm dan lain sebagainya, tentunya pelanggaran yang kasat mata, nanti akan di-capture dan langsung diverifikasi di back office," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: