Kades di Batang Lebih Memilih Memperjuangkan Kesejahteraan Daripada Perpanjangan Masa Jabatan

Kades di Batang Lebih Memilih Memperjuangkan Kesejahteraan Daripada Perpanjangan Masa Jabatan

Achmad Yusuf, Kades Penundan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang.-Dony Widyo -

BATANG - Disaat rekan sejawatnya menggelar aksi untuk menuntut perpanjangan masa jabatan, Kepala Desa (Kades) Penundaan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang ini justru berfikiran lain.

 

Menurut Kades Penundan, Achmad Yusuf ada hal lain yang seharusnya lebih layak dan pantas untuk diperjuangkan para kades, bukannya perpanjang masa jabatan.

 

"Menurut saya salah satu yang seharusnya lebih layak diperjuangkan itu kesejahteraan para kades, bukan periodesasi," ungkap Achmad Yusuf, pada awak media, Kamis 26 Januari 2023.

 

Dijelaskan, penghasilan tetap (Siltap) atau gaji para Kades saat ini sangat tidak sebanding dengan beban politik. Termasuk jika ingin mengembalikan modal saat mencalonkan diri pada Pilkades, maka buka periodesasi yang  harus diperbaiki.

 

"Kesejahteraan itulah yang harusnya diperbaiki, seperti adanya tunjangan ataupun gaji ke-13 seperti yang diperjuangkan teman-teman perangkat desa. Termasuk adanya anggaran untuk dana taktis pendamping kegiatan," jelasnya.

 

Dana taktis tersebut, lanjut dia, sebagai anggaran politik, karena kades dipilih melalui sistem demokrasi langsung oleh rakyat juga. "Mulai dari Bupati, Gubernur hingga Presiden dan juga anggota dewan yang sama-sama dipilih rakyat secara langsung ada dana aspirasi atau dana politik. Namun untuk Kepala desa selama ini tidak ada, dan adanya hanya hanya gaji atau Siltap saja," bebernya.

 

Achmad Yusuf mengungkapkan, gaji yang diterima pada kades selama ini untuk pemenuhan kesejahteraan pribadi saja tidaklah cukup. Sehingga untuk biaya politik ke masyarakat harus merogoh kantong pribadi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: