Sungai Sumberwangi Akhirnya Dibersihkan

Sungai Sumberwangi Akhirnya Dibersihkan

BERSIHKAN - Petugas dari Perkim LH Kabupaten Pekalongan tengah melakukan pembersihan sampah plastik yang berada di Sungai Desa Sabarwangi, Kajen. --

KAJEN - Puluhan petugas kebersihan Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup diturunkan untuk membersihkan sampah yang berserakan di Sungai Desa Sabarwangi, Kecamatan Kajen. Kegiatan tersebut dilakukan menyusul keluhan warga yang mencium bau busuk dari sampah yang memenuhi sepanjang Sungai.

 

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Perkim LH Kabupaten Pekalongan Muhammad Abdul Ghazali ketika ditemui, Kamis (26/01/2023). Kata dia, dengan adanya laporan pemerintah desa banyaknya sampah di Sungai Sabarwangi, Kecamatan Kajen, pihaknya langsung melakukan pengecekan. Dari pengecekan diketahui bahwa memang di sungai Desa Sabarwangi penuh dengan sampah yang menyangkut di barang pohon, bambu, dan menimbulkan bau tak sedap. 

 

"Kita turunkan sepuluh petugas untuk memunguti sampah sampah tersebut. Kemudian diangkut menggunakan armada untuk dibawa ke TPA Bojong Larang, " terangnya. 

 

Dalam pengambilan sampah tersebut lanjut dia, diperkirakan memerlukan waktu dua sampai tiga hari bisa selesai. 

"Paling tidak dua atau tiga hari bisa selesai, " lanjutnya. 

 

Diakui, dalam sampah sampah tersebut merupakan sisa sisa yang ada di sungai dari hulu sebelum TPA Bojong Larang. Sebab setelah dilakukan pengecekan tidak ada gunungan sampah di TPA Bojong Larang yang longsor. Adapun untuk mengantisipasi hal serupa, pihaknya saat ini tengah mengurangi tumpukan sampah yang tinggi, agar tidak lonsor. 

 

"Ketinggian tumpukan sampah kita kurangi sehingga ketika ada hujan tidak longsor ke sungai, " imbuhnya. 

 

Sebelumnya diberitakan, Warga Desa Sabarwangi Kecamatan Kajen mengeluhkan dampak sampah yang terbawa banjir belum lama ini. Saat ini sampah yang memenuhi sepanjang sungai menimbulkan bau tidak sedap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: