Cek Pohon Tumbang di SMAN 1 Semarang, Ganjar Ajak Guru, Alumni dan Siswa Tanam Pohon

Cek Pohon Tumbang di SMAN 1 Semarang, Ganjar Ajak Guru, Alumni dan Siswa Tanam Pohon

Seorang siswa SMAN 1 Semarang mengajak Ganjar Pranowo Selfi disela-sela pemantauan pohon tumbang.-istimewa-

"Ini cuacanya juga lagi terjadi pancaroba maka tidak hanya di sekolah ini tetapi di semua sekolah dan jalan-jalan. Saya sampaikan kemarin ke dinas-dinas saya untuk hati-hati, cek semuanya, matun, potongi atasnya. Ya musti ada begitu apalagi kalau lihat udah tinggi-tinggi begitu. Seperti randu alas itu, atasnya bisa dipotongin biar nanti tidak terjadi saling menyalahkan tapi lingkungan kita tetap terjaga," ujar Ganjar.

 

Selain memangkas bagian atas, Ganjar juga menginstruksikan kepada civitas SMAN 1 Semarang dan sekolah lain, termasuk masyarakat untuk terus menanam. Reboisasi dan peremajaan pepohonan diperlukan untuk memberikan keteduhan sekaligus menjaga lingkungan.

 

"Mumpung masih ada hujan kan, saya minta mereka untuk menanam. Saya sampaikan kepada Pak Kusno kalau perlu siswa dan alumninya diajak atau warga yang tertarik untuk menanam lagi, sehingga ada peremajaan. Sehingga kelak kemudian areal ini akan tetap teduh. Pohonnya juga bagus ini, banyak. Jadi tetap hijau, bagus gitu. Mumpung masih banyak waktu, tanam lagi banyak-banyak," katanya.

 

Kepala SMAN 1 Semarang, Kusno, mengatakan, kedatangan Ganjar ke sekolah memang khusus untuk meninjau pohon-pohon yang ada di areal sekolah. Termasuk mengecek langsung satu pohon trembesi  yang tumbang pada 3 Februari lalu.

 

"Beliau juga meninjau pohon yang di belakang, trembesi yang memang besar-besar sekali dan itu sangat berbahaya. Dan beliau menginstruksikan agar segera dilakukan pemotongan agar tidak menimbulkan bencana atau bahaya lebih lanjut. Untuk mengamankan keselamatan para siswa dan warga sekitar," ujarnya.

 

Kusno mengatakan akan secepatnya menindaklanjuti instruksi Ganjar terkait reboisasi dan peremajaan pohon. Pihaknya akan segera berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengetahui kondisi pepohonan di SMAN 1 Semarang. Akan dilakukan penelitian ulang,  guna mengetahui kekuatan akar dan batang pohon yang tumbuh di lingkungan sekolah.

 

"Beliau juga menginstruksikan kepada saya untuk segera menanam kembali , agar terjadi reboisasi. Beliau juga menginstruksikan untuk segera berkoordinasi dengan DLHK Provinsi termasuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk meneliti kembali, sekaligus memastikan pohon yang ada di SMAN 1 Semarang aman untuk kesehatan, keselamatan, dan keamanan para siswa," ungkapnya. (red)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: