Kurangi Sampah, Siswa MIN 1 Kendal Bawa Bekal Makan dan Minuman

Kurangi Sampah, Siswa MIN 1 Kendal Bawa Bekal Makan dan Minuman

MENIKMATI - Siswa MIN 1 Kendal menikmati bekal sekolah yang dibawa dari rumah. -Nur Kholid-

 

KENDAL - Pentingnya sadar lingkungan sejak dini  terus ditekankan kepada para siswa di MIN 1 Kendal. Seperti pengurangan sampah plastik dan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah.

 

“Untuk kurangi sampah plastik di madrasah, para guru membiasakan perilaku ramah lingkungan hidup. Siswa diajari membawa bekal dari rumah. Sehingga mengurangi produksi sampah plastik,” kata Kepala MIN 1 Kendal, Subiyono, Selasa (14/3/2023).

 

Caranya, para guru mensosialisasikan gerakan bawa bekal kepada para siswa dan wali murid. “Siswa tidak diperkenankan jajan di kantin, sebelum bekal mereka habis di makan,” ungkapnya.

 

Cara ini, selain bertujuan untuk mengurangi sampah juga agar hidup sehat. Sebab, dengan bawa bekal maka bisa dipastikan makanannya sehat dan higenis.

 

“Kantin tidak sediakan gelas plastik maupun kemasan. Siswa beli dengan membawa wadah bekal makan dan minum yang sudah dibawa dari rumah,” ujarnya.

 

Aturan ini dibuat dan diterapkan supaya para siswa memiliki karakter ramah lingkungan. “Ini juga bentuk implementasi Sekolah Adiwiyata di MIN 1 Kendal,” tegasnya.

 

Koordinator Pokja Pengelolaan Sampah MIN 1 Kendal, Arni Nuria menambahkan, gerakan pengurangan sampah dan membawa bekal ini sangat didukung wali siswa. “Pihak kantin madrasah sudah mulai tidak menggunakan plastik,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: