549 Personil Dikerahkan untuk Amankan Para Pemudik di Jalur Pantura dan Tol Batang-Semarang

549 Personil Dikerahkan untuk Amankan Para Pemudik di Jalur Pantura dan Tol Batang-Semarang

Pj Bupati bersama Kapolres dan Dandim serta Forkompinda Batang melakukan pengecekan kendaraan.--

Batang - Sebanyak 549 personil gabungan dikerahkan untuk mengamankan arus mudik di jalur Pantura serta jalan Tol Batang-Semarang dan perayaan Idul Fitri 1444 Hijriyah di Kabupaten Batang.

Personil tersebut terdiri dari 320 personil Polres Batang, Kodim 0746 Batang 25 personil, Brimob 40 personil dan instansi terkait ada 164 personil.

"Untuk memastikan keamanan, kenyamanan, kelancaran serta keselamatan selama pelaksanaan arus Mudik Lebaran Tahun 2023 atau 1444 Hjriah, kita mengerahkan sebanyak 549 personil gabungan," ujar Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki usai gelar Apel Pasukan Ops Candi tahun 2023 di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, Senin (17/4/2023).

Pj Bupati menjelaskan, para personil tersebut akan bertugas melakukan pengawasan dan pengamanan di sejumlah titik. Seperti sejumlah pos PAM di sepanjang jalur Pantura, Rest Area tol Batang-Semarang maupun lokasi-lokasi keramaian.

"Kami juga melibatkan ormas untuk ikut mengawasi dan mengamankan arus mudik tahun ini. Selain itu, mereka juga akan melakukan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat terkait menjaga keamanan selama Idul Fitri," jelas Lani Dwi didampingi jajaran Forkopimda Kabupaten Batang.

Selain pengamanan, lanjut Lani, Pemkab Batang juga menyiagakan tim medis selama arus mudik. "Tenaga medis yang kita siagakan akan siap memberikan pelayanan kesehatan di puskesmas, pospam. Selain itu juga stand by di tim PSC 119 dari Dinas Kesehatan," lanjutnya.

Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun menambahkan, pada Operasi Ketupat Candi 2023 ini pihaknya menyiapkan dua Pospam di jalur Tol Batang-Semarang, yaitu di rest area 379A dan 360B. 

"Untuk jalur Pantura, ada 5 Pos PAM yang kita siapnya. Untuk lokasinya sendiri ada di Kalibeluk, alun-alun Batang, Pertigaan Exit Tol Kandeman, Adinuso dan Alas Roban. Selain itu, jajaran Polsek juga senantiasa siap siaga selama 24 jam," tandas AKBP Saufi Salamun. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: