Mulai Hari Ini Polda Jateng Terapkan One Way Lokal di Jalan Tol Dari Kalikangkung Hingga Bawen

Mulai Hari Ini Polda Jateng Terapkan One Way Lokal di Jalan Tol Dari Kalikangkung Hingga Bawen

Kapolda bersama Forkopimda Jawa Tengah mengecek kesiapan kendaraan yang akan dipergunakan untuk pengamanan arus mudik lebaran.-istimewa -

*Dukung Penerapan One Way Nasional

SEMARANG - Untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2023, Polda Jawa Tengah mulai hari ini atau Selasa 18 April 2023 akan mulai sistem Ono Way atau satu arah lokal di jalur tol trans Jawa.

Kebijakan yang rencananya akan dimulai pukul 14.00 Wib tersebut dilakukan guna mendukung sistem One Way nasional di Jalan Tol.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, kebijakan One Way lokal akan dipersiapkan mulai dari gerbang tol Kalikangkung hingga Bawen.

"Kita akan siapkan One Way lokal untuk mendukung penerapan sistem One Way Nasional yang dimulai dari gerbang tol Cikampek," ujar Kapolda usai menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Posko Terpadu GT Kalikangkung pada Senin, (17/4/2023).

Dijelaskan, untuk penerapan One Way sendiri akan diawali dengan melakukan sterilisasi jalan tol mulai pukul 12.00 dan akan berlangsung selama dua jam. Selanjutnya pada pukul 14.00 WIB diberlakukan sistem One Way mulai dari Gerbang Cikampek hingga Kalikangkung.

"Pengemban fungsi lalu lintas sudah dilatih kembali, cara bertindak melakukan sterilisasi tiap dua jam sebelum diberlakukan one way. Termasuk mengeluarkan arus kendaraan dari arah Timur di daerah penyangga dari Krapyak Semarang sampai Brebes," jelas Kapolda.

Kapolda menyebut bahwa saat ini sejumlah ruas jalur arteri sudah disiapkan untuk menerima limpahan arus mudik dari ruas jalan tol.

"Misal masih terjadi penumpukan di wilayah Kalikangkung, nanti diurai lewat gate Kaliwungu, Kaligawe, hingga sampai Batang atau kalau perlu tarik arusnya sampai Bawen," lanjut Kapolda.

Dari hasil pengamatan pada Senin 17 April 2023, arus mudik 2023 belum meningkat secara signifikan. Angka tertinggi arus mudik terjadi pada Minggu, 16 April 2023 yang mana menyentuh angka kenaikan 42 persen. 

"Diprediksi peningkatan terjadi Selasa 18 April 2023. Namun, arus dimungkinkan dapat dikendalikan dengan penerapan one way nasional ditambah one way lokal," tandas Kapolda. (dwh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: