Banser Batang Kerahkan 450 Personil dan Dirikan 15 Pos PAM Ikut Amankan Arus Mudik

Banser Batang Kerahkan 450 Personil dan Dirikan 15 Pos PAM Ikut Amankan Arus Mudik

Sejumlah anggota Banser bersiaga di Pos PAM yang ada di dekat exit tol Warungasem.-istimewa-

BATANG - Sebanyak 450 personil Barisan Ansor Serbaguna atau Banser Nahdlatul Ulama Kabupaten Batang, dikerahkan untuk ikut membantu mengamankan arus mudik dan balik Idul Fitri 2023.

Para anggota Banser ini disebar di 15 posko yang berada di sejumlah lokasi, baik itu dijalur Pantura maupun exit tol dan lokasi keramaian lainnya.

"Kita ada 15 posko PAM Banser yang akan ikut berpartisipasi dalam pengamanan arus mudik lebaran tahun ini. Para personil yang ada di tiap posko tersebut akan stand by selama 24 jam," ujar Kepala Satkorcab Banser Kabupaten Batang, Danang Aji Saputra, Selasa 18 April 2023.

Danang menjelaskan, para anggota Banser mulai bertugas sejak H-7 hingga H+7 Idul Fitri. Selain membantu mengamankan arus mudik, mereka juga siap membantu masyarakat maupun pemudik yang membutuhkan bantuan.

"Bagi pemudik yang merasa lelah, juga bisa beristirahat di posko Banser yang ada di jalur Pantura. Jangan sungkan-sungkan, rekan-rekan di posko dengan senang hati akan siap membantu," kata Danang.

Lebih lanjut dijelaskan, anggota Banser yang bertugas di posko mudik sendiri dibagi dalam tiga shift setiap harinya. Setiap shift terdiri dari 10 personil yang bertugas.

"Untuk posko Banser sendiri ada 6 titik di sepanjang jalur Pantura, mulai dari Batang, Kandeman, Tulis hingga Gringsing. Selain itu juga di Exit Tol, hingga jalur alternatif, seperti wilayah Selatan Kabupaten Batang yang merupakan jalur alternatif menuju Yogyakarta," jelas pria yang juga anggota DPRD kabupaten Batang ini.

Danang menambahkan, selain penganam dan menyediakan tempat istirahat, anggota Banser yang bertugas juga melakukan kampanye keselamatan berkendara, moderasi beragama, dan kesehatan.

"Semoga bantuan dari rekan-rekan Banser ini sedikit banyak bisa membantu para pemudik. Dan untuk pemudik sendiri, kami senantiasa ingatkan untuk berhati-hati selama berjalanan. Ingat, keluarga dan kerabat menanti di rumah," tandas Danang. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: