Dukung P5, Siswa SDN Pasekaran 01 Belajar Wirausaha Sejak Dini

Dukung P5, Siswa SDN Pasekaran 01 Belajar Wirausaha Sejak Dini

JUALAN - Pelajar SDN Pasekaran 01 Batang saat melakukan aktivitas jual beli dalam kegiatan kewirausahaan, Sabtu (21/5/2023). -Novia Rochmawati-

BATANG - Meski duduk di bangku kelas 1,  siswa SDN Pasekaran  01, Salman tak malu menjajakan dagangannya saat  kegiatan kewirausahaan di sekolahnya, Sabtu (20/5/2023). Di momen ini Salman bersemangat menjual sempolan yang dipersiapkan ibunya dari rumah. 

Dengan dibanderol Rp2 ribu ber bungkus, Salman pun menawarkan barang dagangannya. Tak hanya andal dalam mempromosikan jajanan yang dibawanya, Salman juga rupanya lancar berhitung. Ia pun dengan sigap menghitung dan menyiapkan uang kembalian untuk pelanggannya. 

Tak hanya Salman, kegiatan kewirausahaan ini diikuti oleh seluruh siswa SDN Pasekaran 01. Kelas 1 dan 4 bertugas menjajakan makan, kelas lainnya yang membeli. 

Kegiatan ini pun disambut antusias, karena turut melibatkan orang tua murid. Orang tua murid turut meramaikan pasar jajan, serta membantu menyiapkan jajan. 

Kepala SDN Pasekaran 01, Ariyanti menyebut kegiatan ini digelar dalam rangka program projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Harapannya, program bazar kewirausahaan ini bisa mendorong anak untuk kreatif dan mandiri.

"Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, anak menggelar bazar kewirausahaan. Alhamdulillah anak jadi bisa belajar berwirausaha, mulai dari melayani pembeli, memberikan uang kembalian, dan lainnya. Meski masih kelas 1 mereka banyak yang sudah paham caranya jual beli," ujarnya. 

Ariyanti juga turut mengapresiasi semangat wali murid yang mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini juga sebelumnya dimeriahkan parade seni dari siswa, yang ditutup dengan penampilan tari Babalu khas Batang. Ditampilkan aneka hasil karya siswa di bidang kerajinan dan kriya. 

"Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk penguatan P5 bagi anak. Kami juga berterima kasih, kegiatan ini juga mendapatkan sambutan yang baik dari wali murid," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: