Siswa dari 78 Sekolah Penggerak Tampilkan Hasil Kreasinya, Begini Keseruannya

Siswa dari 78 Sekolah Penggerak Tampilkan Hasil Kreasinya, Begini Keseruannya

SAPA SISWA - Bupati Dico M Ganinduto menyapa salah seorang siswa yang ikut serta menjaga stan pameran Sekolah Penggerak se Kabupaten Kendal, Kamis (25/5/2023).-red/sef-

KENDAL - Kemeriahan memenuhi Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Kamis (25/5/2023). Sejumlah guru dan siswa dari 79 Sekolah Penggerak ikut ambil bagian dalam kegiatan Gelar Hasil Belajar Projek Profil Pelajar Pancasila Sekolah Penggerak Tahun 2023, di mana masing-masing sekolah memamerkan hasil karya anak didiknya.

Kegiatan yang dibidani langsung oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal ini dibuka dan dihadiri oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, 

Wakil Bupati Windu Suko Basuki, unsur Forkopimda, serta dan diikuti para anggota sekolah penggerak Kabupaten Kendal.

Kepala Disdikbud Kendal, Ferinando Rad Bonay menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi langsung atas nilai-nilai Pancasila yang menumbuhkan semangat dedikasi dan kerja keras bagi segenap warga Sekolah Penggerak.

Dikatakan, ada 78 dari total 87 Sekolah Penggerak di Kabupaten Kendal yang ikut ambil bagian dalam ajang pameran ini. "Kebetulan untuk 9 sekolah lainnya baru bergabung sebagai sekolah penggerak, sehingga belum sempat ada hasil karyanya," ungkap Ferinando.

Dia menjelaskan, hasil karya sekolah ini sebagian besar merupakan produk dari para siswa, dan ada juga yang produk kolaborasi antara anak dengan guru dan anak dengan orang tua.

"Melalui sekolah penggerak ini, ada beberapa hal yang diajarkan kepada para siswa, yang pertama agar bisa berfikir kritis dan kreatif dalam membuat produk dan sebagainya. Kedua, mereka juga diajarkan untuk berakhlak yang baik, punya jiwa gotong royong. Jadi harapannya anak itu tidak hanya kreatif dan kritis saja, tapi juga punya karakter yang baik," ujar Ferinando.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, menyambut baik dan mendukung kegiatan Gelar Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak Kabupaten Kendal Tahun 2023. Sebab kegiatan ini akan mningkatkan mutu sekolah penggerak dalam kerangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.

"Selain itu, nantinya akan menghasilkan sekolah penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah, dan menumbuhkan kepemimpinan belajar untuk mewujudkan profil pelajar pancasila, serta sebagai sarana untuk meningkatkan mutu sekolah penggerak," tutur Bupati Dico.

Bupati Dico juga menyampaikan, hasil karya yang bagus dalam pelaksanaan kegiatan ini akan dilakukan pembinaan lebih lanjut, agar terbangun mindset para siswa melalui hasil karya nantinya bisa menghasilkan sesuatu hal yang bermanfaat.

"Pemikiran kritis bagi para siswa terkait bagaimana bisa memproduksi dan menjual menjadi sangat penting, karena ini menjadi salah satu ketrampilan yang harus diajarkan sejak dini, sehingga mereka memiliki mindset ke depan hasil produk -produknya bisa berdaya saing, bisa berprestasi dan bisa menjadi nilai tambah bagi kehidupan mereka," tambah Bupati Dico.

Sedangkan salah satu guru dari SD Purworejo Kecamatan Ringinarum, Budi Setyawan dari stand Tapak Jos mengaku, hasil karya dan produksi para siswa yang ditampilkan pada kegiatan ini, diantaranya Perpustakaan Digital, Produk Jamu, kewirausahaan tanaman sayur dan telur asin.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang sudah memfasilitasi kegiatan ini, karena akan menambah motivasi dan semangat belajar bagi para siswa," ucap Budi.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan Bupati Kendal ke stan-stan hasil karya produk para siswa sekolah penggerak. Dalam acara tersebut juga diserahkan piala dan hadiah lomba kepada para sekolah penggerak yang memiliki karya dan produk-produk terbaik. (red/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: