Implementasi Kurikulum Merdeka, Siswa SMP NU Dikenalkan Kewirausahaan

Implementasi Kurikulum Merdeka, Siswa SMP NU Dikenalkan Kewirausahaan

MARKET DAY - SMP NU Kajen menggelar Market Day untuk mengimplementasikan Kurilum Merdeka di Halaman sekolah setempat. -Triyono-

Dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, SMP NU Kajen dikenalkan kewirausahaan. Adapun kegiatan digelar di Halaman sekolah setempat, Sabtu (17/05/2023). 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau (P5) diikuti oleh siswa siswi Kelas VII SMP NU Kajen,  bertema 'Mewujudkan Jiwa Kewirausahaan dan Kreativitas Siswa Melalui Bazar Jajan'. Dalam bazar para siswa siswi mempraktikkan jual beli hasil produk makanan dan minuman yang terbagi dalam puluhan kelompok.

Sedangkan untuk tata cara membeli, semua peserta mendapatkan kupon senilai Rp 3000 terbagi dua jenis yaitu untuk kupon makanan dan juga minuman. Jadi saat membeli makanan atau minuman tinggal menukarkan kupon kepada penjual. 

Untuk makanan dan minuman yang dijual di antaranya pisang crispy dengan berbagai aneka rasa, puding, keripik dan lainnya. Sedangkan untuk minuman, ada jus, es buah, es kuwut, lemon tea dan berbagai minuman asli Indonesia. 

Kepala SMP NU Kajen, Hj Hadliroh SAg, menyampaikan bahwa maksud tujuan kegiatan adalah untuk menerapkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau (P5) dalam Kurikulum Merdeka. Kemudian setelah pembelaran P5 ini yang diharapkan adalah implementasi P5, yaitu supaya pelajar itu kritis dan kreatif. 

"Untuk kegiatan ini diikuti oleh Kelas VII karena kita Kurikulum Merdeka (Kumer) baru ditetapkan bagi kelas VII. Harapannya sesuai dengan misi bahwa dengan adanya pelaksanaan Kurikulum Merdeka ini Indonesia mampu mandiri. Dengan begitu semua siswa siswi juga mampu berkarakter mandiri, kritis sehingga sesuai tema dalam pelaksanaan hari ini yaitu Mewujudkan jiwa kewirausahaan dan kreativitas siswa siswi SMP NU Kajen melalui Bazar Jajan, " ungkapnya. 

Salah seorang siswi Kelas VII SMP NU Kajen, Zakira mengaku senang dengan adanya kegiatan Market Day. Dimana dengan kegiatan tersebut ia bisa merasakan berjualan dengan jajanan yang dibuat sendiri. 

"Ini tadi kita goreng pisang crispy sendiri dan alhamdulillah banyak yang membeli, " ungkapnya. (Yon) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: