Bhabinsa Pengawal Biksu Thudong Dapat Penghargaan, Ternyata Ini Sebabnya

Bhabinsa Pengawal Biksu Thudong Dapat Penghargaan, Ternyata Ini Sebabnya

PENGHARGAAN - Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya menyerahkan piagam penghargaan kepada Serma Supardi di makodim setempat, Selasa (30/5/2023).-Wahyu Hidayat-

PEKALONGAN – Serma Supardi, Babinsa Koramil 08/Bojong Kodim 0710/Pekalongan mendapatkan penghargaan dari Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, Selasa (30/5/2023).

Penghargaan diberikan karena Serma Supardi sebelumnya telah sukses mengawal 32 Biksu dari Thailand, Malaysia, dan Indonesia yang melakukan ritual Thudong ke Candi Borobudur, ketika rombongan Biksu Thudong tadi memasuki Pekalongan, pada Kamis siang, 25 Mei 2023, sebelum singgah dan bermalam di Kanzus Sholawat Habib Luthfi bin Yahya.

Pengawalan selain oleh anggota TNI, dilakukan pula oleh Polri, beberapa ormas, Banser, relawan, dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Tak hanya sukses. Aksi Serma Supardi saat mengawal para biksu atau bhikkhu ketika sampai di pantura Pekalongan itu viral di media sosial. Sebab, selain mengawal dengan ikut berjalan kaki, dia juga menyemangati para biksu tersebut dengan menyanyikan Mars Long March TNI AD.

Mendengar nyanyian penyemangat dari anggota Babinsa itu, para Bhikkhu pun tampak tersenyum lebar.

Video aksi pengawalan anggota Babinsa Kodim Pekalongan Serma Supardi ini pertama kali diunggah oleh Young Buddhist Association (YBA) of Indonesia di akun Instagram @youngbuddhistassociation.

Sampai Selasa (30/5/2023), video unggahan tersebut telah diputar lebih dari 113 ribu kali, dan disukai oleh 8.465 pengguna Instagram.

Menyertai unggahan video tersebut, @youngbuddhistassociation menuliskan narasi: "Bapak Babinsa TNI mencoba memberikan semangat para Bhikkhu dengan nyanyian yang biasa dinyanyikan oleh para prajurit ketika sedang latihan berjalan dengan berbaris."

"Para Bhikkhu Thudong hanya tersenyum karena para Bhikkhu dalam aturan Vinaya tidak boleh bernyanyi atau bersiul karena proses latihan tidak melekat pada kenikmatan indrawi."

"Tetapi terima kasih pak Supardi sudah menjaga mengkawal serta memberi semangat para Bhikkhu. Sehat selalu bapak. Kita sama-sama memiliki misi yang sama yaitu menjaga NKRI dengan semangat toleransi."

Video itu pun menuai pujian warganet. Warganet memberikan beberapa tanggapan positif. Seperti yang ditulis akun @kocaimjen***. "Terima kasih, Pak. Nyanyian Bapak jelas memberi semangat utk para Bhikkhu," tulisnya. "Terima kasih Pak Supardi," tulis akun @zu_susa***.

"Hormat untuk para Bhikku dan bapak bapak tentara. Indahnya harmoni," tulis @mama.ma***. "Semangat Bhante semoga sehat selalu. Terima kasih atas supportnya bapak-bapak TNI," tulis @mariajol***, dan beragam tanggapan positif lainnya.

Acara pemberian penghargaan kepada anggota TNI-AD tersebut dipimpin langsung Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya dihadiri Kasdim, Danramil jajaran dan para Perwira Staf serta diikuti anggota lainnya bertempat di ruang serbaguna Makodim setempat, Selasa (30/5/2023).

Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya menyampaikan bahwa dirinya bersyukur ada anggota yang telah membawa nama baik satuan Kodim 0710/Pekalongan dan juga TNI Angkatan Darat. Dirinya sangat senang dan bangga atas apa yang ditorehkan oleh Serma Supardi dan anggota lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: