Miliki 3 Lantai, Pembangunan Gedung Perpusda Baru Segera Dimulai

Miliki 3 Lantai, Pembangunan Gedung Perpusda Baru Segera Dimulai

SIAP BANGUN - GGedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Pekalongan yang baru dan lebih representatif sebentar lagi akan dimulai tahap pembangunannya.-Wahyu Hidayat-

KOTA - Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Pekalongan yang baru dan lebih representatif sebentar lagi akan dimulai tahap pembangunannya.

Gedung Perpusda ini berlokasi di Jalan H. Sabrawi, Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan dengan luasan lahan 4.026 meter persegi dan dibangun 3 lantai. 

Kepala Dinarpus Kota Pekalongan, Soeroso, mengungkapkan bahwa pemenang lelang sudah ads, dan di awal Juni 2023 ini, tahap pembangunan gedung perpustakaan tersebut sudah masuk kontrak.

Dia menjelaskan, pembangunan gedung tersebut dijadwalkan memakan waktu 195 hari kerja atau ditargetkan selesai pada pertengahan Bulan Desember 2023.

"Setelah penandatangan kontrak, maka artinya pekerjaan fisik gedung tersebut sudah mulai dilakukan dan diharapkan pertengahan Desember Tahun 2023 ini bisa selesai," kata Soeroso, Senin (5/6/2023).

Soeroso menyebutkan, pembangunan gedung Perpusda dengan 3 lantai tersebut menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerinta Pusat sebesar Rp10 miliar, dan ditambah Rp1 miliar dari APBD Kota Pekalongan untuk pengurugan lahan dan sarana dan prasarananya, sehingga total dana yang disiapkan sebanyak Rp11 miliar. 

Menurutnya, adanya pembangunan gedung baru Perpusda ini merupakan bentuk perhatian pemerintah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Kalau sudah jadi, perpustakaan daerah yang semula menginduk di Kantor Dinarpus di Jalan Jetayu, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara nanti  perpustakaannya pindah ke gedung perpustakaan yang baru ini. Harapannya, gedung baru Perpusda yang baru ini bisa lebih representatif dan memberikan kenyamanan bagi pemustaka yang datang," imbuhnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: