Pencuri Ini Hanya Butuh 30 Detik untuk Mencuri Motor, Ternyata Matic Jenis Ini Paling Gampang Dicuri

Pencuri Ini Hanya Butuh 30 Detik untuk Mencuri Motor, Ternyata Matic Jenis Ini Paling Gampang Dicuri

Kapolres Batang memeriksa dua pelaku pencurian motor yang beraksi di wilayah Limpung dan Gringsing, mereka hanya butuh 30 detik untuk melakukan aksinya.-Dony Widyo -

BATANG - Dua orang pelaku pencurian ini hanya butuh waktu 30 detik untuk mencuri satu unit sepeda motor milik korban. 

Dengan berbekal kunci letter Y, pelaku dengan cepat mengambil motor jenis matic yang diparkir oleh pemiliknya di depan sebuah pabrik di wilayah Kecamatan Banyuputih.

Hal itu terungkap pada konferensi pers terkait ungkap kasus di jajaran Polres Batang yang digelar di lobbi Mapolres setempat, Selasa 20 Juni 2023.

Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun mengungkapkan, jajaran Satreskrim berhasil menangkap dua orang pelaku pencurian sepeda motor yang melakukan aksinya di depan PT Aneka Intan Lestari.

Kedua pelaku yaitu Budi Pamungkas asal Limpung dan Jumanto dari Subah. Mereka telah beberapa kali beraksi, yaitu di wilayah Kecamatan Limpung dan Gringsing.

"Kedua pelaku ini biasanya akan memantau terlebih dahulu kondisi sekitar lokasi. Jika dirasa aman, barulah melancarkan aksinya," ujar Kapolres didampingi Kasat Reskrim AKP Andi Fajar, Selasa 20 Juni 2023.

Kapolres menjelaskan, pelaku sendiri beraksi pada malam hari dengan sasaran motor yang ditinggal pelakunya. Sebelum beraksi, mereka melakukan pemantauan terlebih dahulu kondisi sekitar, dan bila sudah dirasa aman, keduanya langsung melakukan aksinya.

"Kedua pelaku berhasil diamankan di rumahnya, dan saat ini masih dalam pemeriksaan intensif oleh petugas," lanjut AKBP Saufi Salamun.

Dengan adanya sejumlah kejadian pencurian motor ini, kami menghimbau masyarakat agar lebih berhati-hati saat meninggalkan motornya. 

"Dan terpenting, sebisa mungkin memasang kunci tambahan di motor agar mempersulit Pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya," tandas Kapolres.

Sementara itu salah seorang pelaku, Budi mengungkapkan, dalam melakukan aksinya, mereka mengincar sepeda motor matic, terutama Honda Beat

"Honda Beat biasanya gampang dibobol, hanya butuh waktu 30 detik saja. Selain itu, juga mudah untuk dijual," ungkap Budi di Mapolres Batang, Selasa 20 Juni 2023.

Budi mengungkapkan, dalam beraksi, keduanya biasanya akan pilih-pilih korbannya. Biasanya yang menjadi sasaran adalah motor yang ditinggal pemiliknya di tempat yang sepi.

"Untuk motor yang tidak di kunci stang, biasanya hanya 30 detik saja. Namun jika pakai kunci stang maupun penutup kunci, tetap bisa dicuri, hanya waktunya lebih lama," beber Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: