Pj Sekda Kabupaten Pemalang Dilantik Langsung dari Tanah Suci Mekkah

Pj Sekda Kabupaten Pemalang Dilantik Langsung dari Tanah Suci Mekkah

Pelantikan Pj Sekda Mohamad Sidik dilakukan oleh Plt Bupati Mansur Hidayat langsung dari Makkah.-Agus Pratikno-Radar Tegal

PEMALANG - Pelantikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pemalang Mohamad Sidik dilakukan dengan cara yang tidak biasa, yaitu secara daring atau online melalui aplikasi zoom.

Hal itu dilakukan, karena Pelaksana Tugas (PLT) Bupati Pemalang, Mansur Hidayat tengah berada di tanah suci Mekkah untuk menjalankan ibadah haji.

Pada pelantikan yang berlangsung Selasa 20 Juni 2023 malam, Pj Sekda berada di Command Room Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Diskominfo, sedangkan PLT Bupati melantik dan mengambil sumpah dari tanah suci Mekkah.

Mohamad Sidik sendiri dilantik sebagai Pj Sekda untuk keempat kalinya. Hadir dalam acara pelantikan Wakil Ketua DPRD Khodori, Ketua Komisi A Edi Susilo dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah.

Untuk petugas yang memegang Alquran saat pengambil sumpah dan janji Pj Sekda, dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang Rozikun.

Meski mengalami gangguan sinyal akibat jarak yang cukup jauh, namun acara pelantikan berjalan lancar dan penuh khidmat. 

Dalam sambutannya, Plt Bupati Pemalang mengatakan bahwa acara pelantikan ini sangat spesial, karena dilakukan langsung dari tanah suci Makkah. 

"Dalam sejarah mungkin baru kali ini ada pelantikan pejabat dilakukan secara langsung dari tanah Kharom Makkah," ungkap Mansur Hidayat.

Plt Bupati Mansur Hidayat dalam sambutannya menjelaskan, pelantikan Pj Sekda sendiri dilakukan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah dan Surat Gubernur Jawa Tengah tanggal 20 Juni 2023 nomor : 821/209 perihal Persetujuan Perpanjangan Masa Jabatan Pj Sekda  Kabupaten Pemalang.

Mohamad Sidik sendiri selain kini kembali menjadi Pj Sekda, juga tetap melaksanakan  tugas dan tanggungjawabnya sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang.

"Atas nama atasnama Pemerintah Kabupaten Pemalang, saya mengucapkan terima kasih kepada Mohamad Sidik atas pengabdian dan jasa-jasanya selama melaksanakan tugas jabatan sebagai Pj Sekda selama 3 periode. Saya percaya sepenuhnya, Bapak Mohamad Sidik mampu membantu tugas saya dalam menjalan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Pemalang," jelas Mansur Hidayat.

Pada kesempatan itu, Mansur Hidayat juga mengungkapkan bahwa pelantikan Pj Sekda ini sangat diperlukan untuk mengisi kekosongan pejabat, sampai dengan ditetapkannya pejabat definitif. 

Mengingat saat ini proses seleksi masih berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Plt Bupati juga berpesan agar Pj Sekda bisa menguatkan koordinasi internal, mulai dari perangkat daerah, instansi terkait, sampai dengan desa/kelurahan. Hal itu diperlukan guna menyelaraskan program-program pembangunan, sehingga akan tercapai secara maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: