Target Perikanan Tahun 2020 di Kabupaten Pekalongan Capai 13.237,62 ton

Target Perikanan Tahun 2020 di Kabupaten Pekalongan Capai 13.237,62 ton

KAJEN - Target Produksi budidaya perikanan dan tangkap ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan mengalami kenaikan pada tahun 2020. Kenaikan ini membuat Dinlutkan Kabupaten Pekalongan berupaya memaksimalkan Rumah Tangga Perikanan (RTP) agar target tersebut bisa tercapai.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan, Sirhan menerangkan bahwa untuk produksi perikanan budidaya ada dua macam yaitu tambak dan kolam. Untuk tambak ditarget 7.626,80 ton dan kolam ditarget 1.366,03 ton sehingga total menjadi 8.992,32 ton. Sedangkan untuk target perikanan ikan tangkap mencapai 4.245,30 ton.

"Target di tahun 2020 ini untuk perikanan ikan tangkap saya rasa akan tercapai, karena sebagai contoh pada tahun 2019 saja dengan target 4.005,00 ton tercapai bahkan melampaui dengan jumlah total 5.305,58 ton. Kemudian untuk angka konsumsi ikan pada tahun 2020 ditarget 23,50 kg per kapita per tahun," terangnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan, Sirhan

Cara yang dilakukan dari Dinlutkan Kabupaten Pekalongan sendiri agar tercapai target yaitu dengan memberikan bantuan dan sarana, yang kaitannya dengan benih, pakan, menambah kolam dan tambak serta mendorong mereka agar meningkatkan fasilitas perikanan.

Untuk yang perikanan ikan tangkap, cara yang dilakukan yakni memberikan dorongan kepada mereka untuk menangkap ikan lebih banyak lagi. Misalnya yang biasa menangkan 1 trip per hari menjadi 2 trip per hari. Kemudian menambah fasilitas lainnya seperti permohonan bantuan kapal dan alat tangkap dari pusat.

"Kami mendorong agar nelayan untuk sering melaut tetapi harus memperhatikan cuaca alam juga, yang biasanya 2 atau 3 kali dalam seminggu kami dorong agar bisa tiap hari untuk melaut," ujarnya.

Terakhir, untuk meningkatkan angka konsumsi ikan juga melaksanakan kegiatan seperti gemar makan ikan serta menambah produksi agar angka konsumsi ikan bisa meningkat. Juga bekerjasama dengan pihak lain seperti PKK dalam rangka sosialisasi gemar makan ikan dan juga mengolah ikan.

"Kita sudah memberikan bantuan benih ikan di 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan dalam rangka untuk meningkatkan produksi budidaya ikan juga meningkatkan konsumsi ikan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: