Alhamdulillah, 2.224 Produk UMKM Batang Bersertifikat Halal

Alhamdulillah, 2.224 Produk UMKM Batang Bersertifikat Halal

SERTIFIKAT HALAL - Kepala Kantor Kemenag Batang Akhmad Farkhan menyerahkan sertifikat halal pada perwakilan perwakilan pelaku UMKM, Senin (10/7/2023).-Dhia Thufail-

BATANG – Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Batang telah mengantongi sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Garazawa) Kantor Kemenag Batang, Siswoyo menyebutkan, bahwa sejak Januari hingga Juli 2023, pihaknya telah mengeluarkan 2.224 sertifikat halal bagi produk UMKM di Kabupaten Batang.

“Secara simbolis sertifikat halal kami serahkan kepada 50 pelaku UMKM pada hari ini,” ungkap Siswoyo, Senin (10/7/2023).

Adapun disampaikan Siswoyo, Kemenag RI menargetkan penerbitan sertifikat halal di seluruh Indonesia hingga November 2024 mendatang bisa mencapai 2 juta produk.

“Di Jawa Tengah, dari target 209 ribu sertifikat, baru tercapai 40 persen atau 77.594 sertifikat halal. Bagi yang ingin mendapatkan sertifikat halal, mulai bahan baku hingga dalam pemrosesan pun harus dipastikan dulu kehalalannya,” jelasnya.

Siswoyo pun menegaskan, seluruh proses penerbitan sertifikat halal itu tidak ditarik biaya, atau gratis.

“Manfaatnya setelah produk makanan itu dipastikan kehalalannya, bisa meningkatkan kepercayaan publik,” katanya.

Sementara itu, disampaikan salah satu pelaku UMKM, Tina Rokha dari Kebanyon Batang menyampaikan, setelah mendapatkan sertifikat halal, kepercayaan konsumen kini diharapkan semakin meningkat.

“Yang jelas kualitas produk kami bisa tambah meningkat, harga jual juga bisa bersaing dengan produk lain di pasaran,” ujar dia.

Ditambahkan Tina, bahwa pihaknya kini tengah menggeluti usaha Kepiting Gemes, Udang Gemes, Mujaer Krispi dan Rengginang Udang. Di mana produknya tersebut sudah merambah hingga pasar Jawa Tengah dan Jawa Barat. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: