Luwesnya Bu Camat Se Kabupaten Batang Berjalan di Atas Catwalk Dibalut Batik Khas Batang

Luwesnya Bu Camat Se Kabupaten Batang Berjalan di Atas Catwalk Dibalut Batik Khas Batang

15 Ibu Camat Se Kabupaten Batang unjuk keluwesan mereka berjalan di atas catwalk di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (10/8/2023). -IST-

BATANG, RADARPEKALONGAN - 15 Ibu Camat Se Kabupaten Batang unjuk keluwesan mereka berjalan di atas catwalk di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (10/8/2023). Tak hanya memikat dengan gaya catwalknya, penonton pun juga terpesona dengan busana yang mereka gunakan. 

Pasalnya mereka tak cuman tampil modis, pakaian yang digunakan juga dibalut dengan kain batik Khas Batang. Seperti motif batik Gringsingan dan Batik Rifaiyah. 

Rupanya para istri-istri Camat se Kabupaten Batang itu tampil dalam rangka Lomba Fashion Show Busana Pesta Batik. Lomba ini digelar TP PKK Kabupaten Batang, dalam rangka peringatan HUT RI ke-78.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan kebudayaan mengadakan lomba fashion show dengan tema batik untuk pesta. Tujuannya untuk promosikan batik batang ternyata bisa dipakai dalam situasi apapun, baik itu resmi atau suasana pesta. Dan cocok dengan situasi apa saja," ujar Ketua TP PKK Batan, Purwaniti Sugeng saat diwawancarai di sela kegiatan.

Dipilihnya ibu-ibu camat ini bukan tanpa alasan. Ibu camat dianggap punya peran besar untuk menggelorakan semangat cinta produk Batang ke kader-kader mereka hingga tingkat desa. 

Dengan harapan semakin banyak yang bangga pada batik, dan juga produk lokal Batang. Karena produk Batang juga tidak kalah saing dengan produk-produk lainnya. 

"Bu camat sebagai tangan panjang kami, yang punya kader terbanyak di wilayah masing-masing. Mereka nantinya diharap mempromosikan produk dalam negeri yang bisa dipakai oleh seluruh masyarakat. Tidak usah ke mana-mana, nggak harus beli produk luar negeri, karena di Indonesia dan Batang punya produk berkualitas," tegasnya. 

Purwaniti mengaku senang bisa menggelar kegiatan ini. Pasalnya ia mengapresiasi banyak model baju kekinian yang serasi dipadupadankan dengan batik Batan. Selain itu banyak juga Bu Camat yang tampil diluar prediksi. Mereka cukup handal dan luwes untuk berjalan di atas catwalk. 

"Di luar prediksi saya. Ternyata banyak ibu camat yang luwes berjalan di catwalk. Kami berharap lewat ini, batik Batang bisa lebih dikenal masyarakat . Dan juga bisa mengangkat UMKM batik di Batang agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Sehingga UMKM bisa menggeliat lagi untuk menambah perekonomian," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: