Literasi untuk Pesisir, Polres Batang Hadirkan Perpustakaan Apung

Literasi untuk Pesisir, Polres Batang Hadirkan Perpustakaan Apung

KAPAL PINTAR - Para pelajar saat mengunjungi layanan perpustakaan apung atau Kapal Pintar di Batang.-Dhia Thufail-

BATANG - Kepolisian Resor Batang menginisiasi layanan perpustakaan apung "Kapal Pintar" sebagai upaya menumbuhkan minat baca dan mencerdaskan warga yang berada di pesisir daerah itu.

Kapolres Batang, AKBP Saufi Salamun mengatakan, layanan perpustakaan apung ini sebagai bentuk kepedulian Polri dalam mencerdaskan anak bangsa.

"Kami ingin terus mendekatkan diri dengan masyarakat, di antaranya dengan membuat layanan perpustakaan apung 'Kapal Pintar' ini," katanya, kemarin.

Kapal patroli yang biasanya digunakan untuk tugas kepolisian, kini diubah menjadi Kapal Pintar dengan tujuan memperkenalkan Polri, khususnya Polairud pada pelajar pesisir agar tumbuh minatnya dan termotivasi untuk membaca.

"Kami berharap semoga anak-anak dapat mengetahui tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Ke depan agar mereka menjadi aset bangsa yang saling mendukung dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," katanya.

Dikatakan dia, kapal patroli itu diubah menjadi lingkungan yang ramah bagi anak-anak dengan dilengkapi buku bacaan, laptop, dan sistem suara V8 yang menarik perhatian, ini dapat menggugah anak-anak yang berada di pesisir agar gemar membaca.

Selain itu, kata dia, layanan ini juga untuk memberikan pengetahuan tentang penggunaan laptop pada masyarakat pesisir, sehingga mereka dapat bersaing dan terampil dalam menggunakan teknologi.

"Di tengah era digital seperti sekarang, penguasaan teknologi menjadi penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan bersaing dalam berbagai bidang," tandasnya. (fel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: