Apa Sih yang Jadi Penyebab Wajah Berminyak Secara Berlebihan? Cek 5 Alasan dan Cara Mengatasinya

Apa Sih yang Jadi Penyebab Wajah Berminyak Secara Berlebihan? Cek 5 Alasan dan Cara Mengatasinya

ilustrasi penyebab wajah berminyak secara berlebihan-tangkapan layar-freepik,com

RADARPEKALONGAN – Sebenarnya, produksi minyak atau sebum di kulit wajah adalah cara alami kulit untuk menjaga kelembapannya.

Tapi saat ada keadaan khusus yang terjadi, produksi minyak menjadi sangat berlebihan sehingga jadi penyebab berbagai masalah, seperti komedo, jerawat, kulit tampak kusam, serta mengilap.

Daftar penyebab wajah berminyak secara berlebihan berikut mungkin akan membantumu untuk mengerti keadaan kulit wajah, sehingga bisa memilih dan menentukan perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

Sebab saat minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebasea diproduksi dengan berlebihan, pori-pori akan rentan tersumbat. Berikut beberapa penyebab wajah berminyak secara berlebihan yang harus kamu ketahui. Simak artikel ini sampai akhir ya.

1. Perubahan Hormon

Penyebab wajah berminyak secara berlebihan yang pertama adalah perubahan hormon. Hormon yang berfungsi untuk mengatur produksi minyak di kulit, yaitu Androgen terkadang bisa berfluktuasi alias tidak seimbang. 

Ketidakseimbangan hormon tresebutlah yang menyebabkan peningkatan produksi minyak. Kondisi ini umumnya terjadi selama masa pubertas, menstruasi, selama kehamilan, menopause, dan selama menggunakan alat kontrasepsi. 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Produk Viva untuk Flek Hitam Membandel, Solusi Cantik Natural, Putih dan Mulus Dengan Cepat!

Selain itu, stres dan penyakit tertentu juga bisa jadi pemicu pelepasan hormon ekstra sehingga menyebabkan wajah kusam dan berminyak.

2. Peggunaan Produk yang Tidak Tepat

Selain hormon, produksi sebum yang berlebihan juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit wajah yang tidak tepat. Contoh kecilnya adalah saat kamu menggunakan produk skincare yang ditujukan untuk kulit kering sementara kamu memiliki tipe kulit berminyak

Hal ini sangat tidak sesuai sehingga bisa memicu produksi minyak yang berlebih dan kulit wajah jadi semakin berminyak.

Oleh karena itu, saat memilih produk untuk perawatan kulit, maka kita harus teliti dan memilih produk yang sesuai dengan kulit wajah berminyak dan rentan berjerawat.

Formulanya akan dirancang khusus sehingga aman dan ramah dengan kulit berminyak. Kamu juga tidak perlu khwatir penggunaannya akan menyebabkan jerawat. Justru produk untuk wajah berminyak biasanya dilengkapi dengan sifat oil control.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: