Apa Sih yang Jadi Penyebab Wajah Berminyak Secara Berlebihan? Cek 5 Alasan dan Cara Mengatasinya

Apa Sih yang Jadi Penyebab Wajah Berminyak Secara Berlebihan? Cek 5 Alasan dan Cara Mengatasinya

ilustrasi penyebab wajah berminyak secara berlebihan-tangkapan layar-freepik,com

3. Terlalu Sering Mencuci Muka

Meskipun bertujuan untuk menjaga kebersihan wajah, mencuci muka yang teralalu sering adalah salah satu penyebab wajah berminyak secara berlebihan. Kamu mungkin tidak nyaman dengan kondisi wajah berminyak, tapi tahan keinginan untuk mencucinya secara berulang.

BACA JUGA:6 Tips Agar Kulit Tidak Kusam, Manjur Cerahkan Wajah Hanya Dalam Semalam

Sebab mencuci muka berlebihan bisa membuat kelembapan alami kulit wajah hilang sehingga kelenjar sebasea akan memproduksi lebih banyak minyak untuk melembapkannya.

Selain itu, terlalu sering cuci muka menggunakan alat eksfoliasi atau wash cloth juga dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit berminyak.

4. Tidak Menggunakan Pelembap

Apakah kamu pernah berpikir penggunaan pelembab untuk wajah berminyak justru akan membuat kulit wajah tampak lebih berminyak?

Yap, bagi beberapa orang penggunaan moisturizer atau pelembap sering dianggap sebagai penyebab muka berminyak. Padahal, kulit berminyak juga harus terjaga kelembapannya danterhidrasi dengan baik. 

Saat kamu melewatkan penggunaan pelembap, kulit wajah akan memproduksi lebih banyak minyak karena mengira kulit wajah kering, mirip saat kamu terlalu sering mencuci muka tadi.

Tapi kamu harus memilih produk pelembap berbahan dasar air untuk membantu melembapkan kulit karena teksturnya ringan. 

Produk water based tersebut biasanya dirancang untuk kulit berminyak. Jadi jangan abaikan pelembap dan cari produk yang tepat ya.

5. Penggunaan AC dengan Suhu yang Terlalu Dingin

Penyebab wajah berminyak secara berlebihan yang lainnya adalah suhu dingin. Saat bangun tidur kamu pernah mengalami kondisi kulit wajah sangat berminyak, padahal sudah menggunakan pelembap? 

Hal ini sangat mungkin terjadi. Bangun tidur dengan keadaan wajah berminyak berlebihan bisa jadi akibat udara yang terlalu dingin dan kering di kamar karena penggunaan AC. Keadaan tersebut membuat kulit wajah jadi dehidrasi dan kering.

Nah, sebagai perlindungan alami kulit maka kulit wajah pun memproduksi minyak lebih banyak. Akibatnya kamu terbangun dengan wajah yang sangat berminyak tadi. Sangat realistis bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: